Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Dribbling Menggunakan Punggung Kaki Dalam Sepakbola

Sebagai pemain bola ada beberapa tehnik dasar sepakbola yang harus di kuasai seorang pemain yang salah satunya adalah dribbling. Secara harfiah dribbling atau membawa bola dapat di artikan sebagai gerakan menyepak bola kedepan dalam jarak jangkauan dan di lakukan secara berulang - ulang. 

Menggiring bola atau biasa disebut dengan dribbling merupakan cara pemain dalam membawa bola dan dalam pelaksanaannya tehnik menggiring bola terbagi atas :

  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan punggung kaki

Setelah sebelumnya kami sudah membahas bagaimana cara menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan menggiring bola dengan kaki bagian luar.

Baca disini:

kali ini kami jelaskan tehnik dasar menggiring bola yang lainnya yaitu bagaimana cara melakukan gerakan dribbling dengan punggung kaki yang baik serta benar. Berikut penjelasannya!.

Tehnik Dribbling Bola dengan Punggung Kaki

Langkah - langkah tehnik dribbling bola menggunakan punggung kaki yaitu sebagai berikut: 

  1. Sikap awal berdiri menghadap pada arah gerak, tangan dalam keadaan rileks dan pandangan mata mengarah ke depan.
  2. Selanjutnya dorong bola menggunakan bagian punggung kaki, saat melakukannya, posisi kaki bagian ujung menghadap ke arah tanah. 
  3. Bola diarahkan ke depan di permukaan tanah dan pada saat yang sama, bola dijaga agar tetap dekat dengan kaki utama yang digunakan untuk mendribel. 
  4. Saat akan berhenti, gunakan telapak kaki untuk menghentikan laju bola dengan menginjak bagian atas bola, Sementara kaki lain yang tak digunakan untuk menggiring dijadikan tumpuan berat badan. 
  5. Saat berhenti menggiring bola, pandangan tetap fokus ke depan.
Langkah - langkah menggiring bola dengan punggung kaki di atas dan di lakukan secara berkesinambungan atau berkelanjutan.

Jika anda ingin menjadi seorang pesepakbola yang hebat tentu anda harus menguasai berbagai macam tehnik dasar sepaakbola yang lainnya.

Baca disini:


Terima kasih, demikian tadi pembahasan mengenai tehnik dribbling menggunakan punggung kaki, semoga bermanfaat.

Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Tehnik Dribbling Menggunakan Punggung Kaki Dalam Sepakbola"

Contact Us

Nama Email * Pesan *