Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Servis Atas Bola Voli Yang Benar

Dari tahun ketahun, tehnik servis semakin beragam dan berkembang. Dulu servis dapat di artikan sebagai lambungan bola untuk memulai permainan, dan di era sekarang tehnik servis sudah sangat berkembang dan definisi servis pun berubah. Servis di era sekarang dapat di artikan sebagai serangan pertama untuk memulai permainan.

Servis dalam bola voli merupakan modal awal untuk meraih point. Kesalahan melakukan servis akan berakibat kita akan kehilangan point dan bola. Oleh karenanya di perlukan keahlian, ketepatan dan ketenangan dalam melakukan servis supaya servis yang di lakukan cukup memuaskan sehingga dapat menyulitkan lawan saat menerima servis yang kita lakukan.

Namun di pembahasan ini, kami fokuskan bagaimana cara melakukan servis atas bola voli yang baik dan benar bagi pemula, khususnya usia anak sekolah.

Berikut kami uraikan gerakan tehnik servis bawah atas voli yang baik benar!.

Tehnik Servis Atas Bola Voli

  • Sikap awal mengambil posisi servis di luar garis belakang.
  • Tubuh dalam posisi tegak dengan pandangan mata fokus melihat ke arah bola.
  • Kaki kiri dilangkahkan ke depan. Hal ini dilakukan bersamaan dengan salah satu tangan memegang bola. 
  • Bola dilemparkan ke atas di barengi dengan salah satu tangan yang tidak memegang bola di tarik ke belakang atas samping telinga
  • Kemudian saat bola sudah dalam ketinggian bola yang cukup, ayunkan tangan ke depan untuk melakukan pukulan dengan menggunakan jari tangan yang dalam posisi rapat.
  • Saat tangan melakukan ayunan untuk memukul bola barengi dengan sedikit melangkahkan kaki kanan kedepan.

Pada saat melakukan servis atas, khususnya untuk para pemula sering sekali melakukan kesalahan - kesalahan dasar yang mengakibatkan bola gagal masuk atau menyeberang net.

Untuk mengetahui keslahan -kesalahan apa saja saat melakukan servis atas bola voli silahkan baca di sini "Kesalahan yang umum terjadi saat melakukan servis atas bola voli"

Demikian tehnik dasar servis bawah atas voli yang benar bagi pemula, sering - seringlah berlatih agar dapat melakukan servis atas dengan baik.

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga pembahasan tehnik servis bawah bola voli untuk pemula ini bermanfaat untuk anda

Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Tehnik Servis Atas Bola Voli Yang Benar"

Contact Us

Nama Email * Pesan *