--> Skip to main content

Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Melakukan Servis Atas Bola Voli Bagi Pemula

Dalam kegiatan pembelajaran bola voli di sekolah, saat melakukan gerakan servis atas bola voli yang di lakukan oleh siswa baik itu laki - laki maupun perempuan banyak sekali yang gagal memasukan bola ke petak lapangan lawan baik itu bola menyangkut di net, keluar lapangan maupun yang lainnya.

Hal ini terjadi karena pada saat melakukan gerakan service siswa tersebut melakukan kesalahan - kesalahan elementer yang mempengaruhi gerakan badan dan laju bola.

Lalu sebenarnya kesalahan umum apa saja sih yang dilakukan siswa saat melakukan servis atas bola voli yang menyebabkan servis gagal masuk!.


Berikut kami jabarkan kesalaan - kesalahan umum yang di lakukan oleh siswa atau para pemula saat melakukan gerakan servis atas bola voli.

Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Melakukan Servis Atas Bola Voli Bagi Pemula:
  1. Kaki menginjak/melewati garis lapangan permainan saat melakukan servis.
  2. Saat melambungkan bola terlalu rendah dan kedepan.
  3. Saat memukul bola siku tangan terlalu di tekuk dan jari tangan dalam keadaan menggenggam atau rapat, tidak terbuka.
  4. Pada sikap akhir kaki belakang diam di tempat, tidak bergerak di langkahkan kedepan.

Langkah - langkah Gerakan servis atas bola voli yang benar:
  1. Sikap awal berdiri tegak dengan salah satu kaki di depan dan satunya dibelakang, salah satu tangan memegang bola di depan badan sedangkan satu tangan lain di tarik kebelakang di belakang kepala dengan pandangan tertuju kearah bola.
  2. Lambungkan bola keatas setinggi atas kepala dengan di susul mengayunkan tangan belakang kedepan untuk memukul bola
  3. Saat bola di udara tepat di atas kepala, pukul bola kedepan atas dengan telapak tangan. Adapun posisi telapak tangan terbuka tidak menggengam.
  4. Sikap akhir saat tangan melakukan gerakan untuk memukul bola di barengi dengan sedikit melangkahkan kaki belakang kedepan.

Itulah 4 kesalahan umum yang sering terjadi saat melakukan servis atas bola voli yang di lakukan oleh para pemula, tentunya masih ada kesalahan - kesalahan lain yang tidak bisa kami uraikan secara lengkap disini.

Tips untuk anda, agar kesalahan umum ini tidak terulang dan sering terjadi tentunya dengan giat berlatih dan selalu fokus dengan apa yang sedang anda kerjakan atau anda lakukan.

Akhir kata terimakasih, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan shere-nya karena itu sangat berarti buat kami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar