Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tehnik Servis Bawah Bola Voli yang Baik dan Benar

Servis dalam bola voli merupakan modal awal untuk meraih point. Kesalahan melakukan servis akan berakibat kita akan kehilangan point dan bola. Oleh karenanya di perlukan keahlian, ketepatan dan ketenangan dalam melakukan servis supaya servis yang di lakukan cukup memuaskan sehingga dapat menyulitkan lawan saat menerima servis yang kita lakukan.

Dari tahun ketahun, tehnik servis semakin beragam dan berkembang. Dulu servis dapat di artikan sebagai lambungan bola untuk memulai permainan, dan di era sekarang tehnik servis sudah sangat berkembang dan definisi servis pun berubah. Servis di era sekarang dapat di artikan sebagai serangan pertama untuk memulai permainan.

Namun dalam pembahasan kali ini, kami tidak membahas perkembangan tehnik servis yang pesat tetapi kami fokuskan bagaimana cara melakukan servis bawah bola voli yang baik dan benar untuk para pemula, khususnya anak - anak sekolah.

Berikut ini kami uraikan bagaimana cara melakukan servis bawah bola voli yang benar, berikut ini langkah - langkahnya :

Tehnik Servis Bawah Bola Voli

  • Berdiri dengan kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
  • Bola dipegang oleh tangan kiri dengan pandangan tertuju kearah bola
  • Lambungkan bola setinggi bahu dan pada saat bersamaan ayunkan lengan kanan ke belakang, kemudian pukul bola dengan menggunakan tangan kanan.
  • Perkenaan bola tepat pada tangan dengan telapak tangan menghadap ke arah bola.
  • Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan mengepal.
  • Setelah bola dipukul, diteruskan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan.
Lalu apa saja sih kesalahan yang sering di lakukan pemula pada saat main voli sehingga bola gagal masuk, anda dapat membacanya disini "Kesalahan - Kesalahan Saat Melakukan Servis Bawah Yang Sering di Lakukan Pemula"

Itulah tehnik dasar servis bawah bola voli yang benar untuk para pemula, sering - seringlah berlatih untuk dapat melakukan servis dengan baik.

Baca juga
👉 Cara melakukan servis atas bola voli

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga pembahasan tehnik servis bawah bola voli untuk pemula ini bermanfaat untuk anda