Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka

RPE PAI Kelas VII SMP. Rincian Pekan Efektif (RPE) adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari hari efektif dan tidak efektif dalam satu tahun pelajaran yang sedang berjalan dan berfungsi sebagai patokan bagi sekolah, khususnya guru, untuk mengidentifikasi minggu efektif dan tidak efektif, serta jumlah jam efektif untuk pembelajaran.

Rincian pekan efektif (RPE) merupakan perhitungan jumlah minggu atau pertemuan pembelajaran dalam satu tahun. Rincian pekan efektif ini juga mencakup jumlah minggu efektif, minggu efektif terfasilitasi, dan minggu tidak efektif dalam satu tahun ajaran. 

Rincian pekan efektif ini merupakan perhitungan dari jumlah kalender pendidikan yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Sebelum menyusun rincian pekan efektif (RPE), perlu diketahui komponen-komponen apa saja yang termasuk dalam rincian pekan efektif (RPE).

Rincian Pekan Efektif

Komponen-komponen yang termasuk dalam RPE adalah:

  1. Jumlah minggu dalam satu tahun ajaran
    Ini adalah jumlah total minggu dalam periode tersebut, termasuk minggu efektif dan tidak efektif.
  2. Jumlah minggu yang tidak efektif
    Jumlah minggu yang tidak dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Misalnya, hari libur nasional, hari libur keagamaan, dll.
  3. Jumlah minggu yang efektif.
    Menunjukkan bahwa minggu tersebut merupakan minggu yang valid untuk kegiatan pembelajaran.
  4. Jumlah jam KBM yang efektif
    Jumlah total jam yang berlaku selama satu semester.

Cara Menghitung Rincian Pekan Efektif (RPE)

Untuk menghitung rincian atau rencana pekan efektif (RPE), ada beberapa langkah dasar yaitu:

1. Menghitung jumlah minggu dalam satu semester

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jumlah minggu dalam satu semester adalah jumlah seluruh minggu dalam semester tersebut. Oleh karena itu, semua minggu yang efektif dan tidak efektif dihitung.

2. Menghitung jumlah minggu tidak aktif

Setelah menghitung jumlah total minggu dalam satu periode, Anda dapat menghitung jumlah minggu tidak aktif. Jumlah minggu tidak aktif, yaitu minggu yang tidak dapat digunakan untuk belajar.

3. Menghitung jumlah minggu efektif

Untuk mencari jumlah minggu efektif yang tersedia untuk pembelajaran atau tatap muka, yaitu dengan cara kurangi jumlah minggu dalam 1 semester dengan jumlah minggu tidak efektif pada semester tersebut. (Jumlah total minggu - jumlah minggu tidak efektif = jumlah minggu efektif)

4. Menghitung jam efektif KBM

Kalikan juga jumlah minggu aktif dengan jumlah jam pelajaran untuk mendapatkan jumlah jam kerja. Setelah itu, jumlah jam tersebut dialokasikan ke setiap CP atau materi pelajaran.

RPE PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka

Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka merupakan rincian alokasi waktu proses pembelajaran PAI kelas VII SMP selama 1 tahun pelajaran, yang di tuangkan dalam bentuk jumlah minggu efektif untuk pembelaran dan tidak efektif untuk pembelajaran serta jumlah jam efektif untuk pembelajaran.

Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka sendiri adalah bagian dari dokumen administrasi guru PAI kelas VII SMP atau perangkat pembelajaran PAI Kelas VII SMP.

Berkaitan dengan Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka, anda tidak perlu repot - repot membuatnya karena kami telah menyediakan untuk anda. Anda hanya perlu mendownload langsung disini filenya.

Namun perlu kami sampaikan. ada beberapa langkah utama yang perlu anda lakukan untuk mendownload Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka. 

Oleh sebab itu, jika anda kesulitan saat mendownload Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka, Jangan ragu untuk chatt kami segera.

Baik, dibawah ini adalah link download dari Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka.

RPE PAI SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka

RPE PAI Kelas VII SMP Rincian Pekan Efektif (RPE) PAI Kelas 7 SMP-MTs Semester 1 dan 2 | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka