Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PJOK Kelas 3 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK Kurikulum Merdeka. Sebelum memulai pengembangan ATP, penting untuk memahami alur pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum mandiri. Dengan memahami alur pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP), guru dapat lebih memahami urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum mandiri. 

AP adalah penempatan tujuan pembelajaran yang disusun secara logis dan terencana untuk tahapan pembelajaran dari awal sampai akhir. Susunan ini disusun secara sistematis untuk menilai keberhasilan belajar berdasarkan kegiatan belajar sehari-hari. 

AP berfungsi sebagai pedoman bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar di akhir fase.  

TP adalah uraian kinerja siswa dalam tiga dimensi: keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang diperoleh  dalam satu atau lebih kegiatan belajar. Magang ini didasarkan pada jam belajar dan merupakan prasyarat untuk studi yang berhasil. 

ATP serta KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) memiliki fungsi yang sama dengan RPP pada kurikulum sebelumnya: sebagai pedoman RPP.

Langkah Panduan Penyusunan ATP

Ada tujuh langkah yang harus diperhatikan ketika anda akan membuat ATP:

  1. Penilaian kompetensi akademik, meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa terhadap materi dan keterampilan.
  2. Identifikasi keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa pada akhir periode dan keterampilan prasyarat yang harus dikuasai sebelum mereka dapat menguasai keterampilan pada akhir periode.
  3. Menganalisis komponen dan sub komponen karakteristik siswa pancasila yang berkaitan dengan mata pelajaran dan keterampilan belajar pada tahap ini. Enam ukuran: agama, ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan keluhuran budi, kemandirian, gotong royong, keragaman global, berpikir kritis dan kreativitas.
  4. Di akhir fase, kembangkan tujuan pembelajaran berdasarkan identifikasi kompetensi inti. Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan keterampilan yang akan diperoleh, pemahaman yang akan dipahami, dan keterampilan berpikir yang berbeda yang dibutuhkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Setelah tujuan pembelajaran disusun, maka tujuan pembelajaran disusun dengan urutan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan setiap harinya.
  6. Tentukan ruang lingkup dan isi inti dari setiap tujuan pembelajaran. Setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki beberapa cakupan dan materi yang mendasarinya.
  7. Berdasarkan tata letak tujuan pembelajaran (TP), tentukan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran (TP). Misalnya, diperlukan waktu 40 menit untuk mempelajari suatu keterampilan, 120 menit untuk mempelajari suatu keterampilan, dan 40 menit untuk mempelajari suatu sikap. 

ATP PJOK Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

ATP PJOK Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 adalah materi terbaru yang saya bagikan. ATP PJOK ini telah mengalami tahap perbaikan untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa. 

Jika  ingin mendownload  ATP Kurikulum Merdeka Kelas 3 SD-MI Semester 1-2 PJOK, silahkan gunakan link download yang ada di akhir artikel ini. 

Harap dicatat bahwa file ini tersedia dalam format RAR. Jadi setelah anda download ATP PJOK Kelas 3 SD-MI Semester 1-2, kemudian ekstrak ATP ini terlebih dahulu sebelum digunakan.

☑ Download ATP PJOK Kelas 3 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK ATP PJOK Semester 1 dan 2 Kelas 3 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka