Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PAI & BP Kelas 3 SD-MI | Kurikulum Merdeka

ATP, PAI dan BP Kelas 3 SD-MI. Sebelum memahami ATP, penting untuk memahami Alur Pembelajaran (AP) dan Tujuan Pembelajaran (TP).

Alur Pembelajaran (AP) adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang dirancang secara terstruktur dan logis dalam suatu fase pembelajaran dari awal hingga akhir. Alur ini diatur secara berurutan dan mengikuti kegiatan pembelajaran harian untuk mengevaluasi Capaian Pembelajaran (CP).

Fungsi Alur Pembelajaran (AP) adalah sebagai panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai Capaian Pembelajaran pada akhir fase tersebut.

Tujuan Pembelajaran (TP) adalah penjabaran dari pencapaian 3 aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan ini diatur secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).

Kurikulum operasional satuan pendidikan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memiliki fungsi yang sama dengan silabus, yaitu sebagai pedoman untuk merencanakan pembelajaran.

Langkah Penyusunan ATP

Ada tujuh tahapan yang harus dilakukan dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), yaitu:

  1. Menganalisis Capaian Pembelajaran yang mencakup materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2. Mengidentifikasi kompetensi inti di akhir fase dan juga kompetensi sebelumnya yang perlu dikuasai oleh peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.
  3. Menganalisis setiap elemen dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada fase tersebut. Terdapat enam dimensi, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan identifikasi kompetensi inti di akhir fase. Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami, dan variasi keterampilan berpikir yang perlu dikuasai oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Menyusun tujuan pembelajaran secara berurutan sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari setelah tujuan pembelajaran dirumuskan.
  6. Menentukan cakupan materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran. Setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu cakupan materi dan juga materi utama.
  7. Menentukan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran berdasarkan perumusan tujuan pembelajaran. Sebagai contoh, TP untuk mencapai suatu kompetensi pengetahuan memerlukan waktu 120 menit, keterampilan memerlukan waktu 480 menit, dan sikap memerlukan waktu 120 menit..

ATP PAI & BP Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Kepada Seluruh Pengunjung,...

Materi ATP PAI & BP Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 merupakan bagian dari bahan ajar kurikulum merdeka yang disajikan oleh admin dalam postingan ini.

ATP PAI & BP Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka telah disesuaikan dengan CP & TP dan juga disesuaikan dengan keadaan siswa.

Jika Anda ingin mengunduh ATP PAI & BP Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka ini, silakan kunjungi tautan unduhan yang telah kami sediakan. Tautan unduhannya tersedia di bagian bawah postingan ini.

⏭Download ATP PAI & BP Kelas 3 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PAI & BP ATP PAI & BP Semester 1 dan 2 Kelas 3 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka