Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PAI & BP Kelas 1 SD-MI | Kurikulum Merdeka

Gurubantu.com, PAI dan BP Kelas 1 SD-MI. ATP merupakan serangkaian tujuan pembelajaran yang terstruktur secara sistematis dan logis dalam tahap belajar. ATP berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil pembelajaran di akhir setiap fase tahapan. 

Setiap lembaga pendidikan dan pengajar memiliki ATP dan Modul Ajar yang berbeda. Alur Tujuan Pembelajaran pada kurikulum Merdeka sama dengan Silabus yang terdapat pada Kurikulum 2013. Pendidik dapat menyusun alur pembelajaran masing-masing yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. 

Rumusan dan penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran berguna untuk mengarahkan pendidik dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga hasil pembelajaran dapat diperoleh secara sistematis, konsisten, terarah, dan terukur.

Penggunaan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran mempermudah pendidik dalam mengidentifikasi indikator, kegiatan, atau aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran, baik itu formatif maupun sumatif.

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Mudah dan Instruktif

Penulis atau pembaca dapat dengan mudah memahami Perumusan dan Tujuan Pembelajaran tanpa ambiguitas atau interpretasi ganda dengan menggunakan istilah yang umum. Jika menggunakan istilah khusus, penulis harus memberikan penjelasan yang cukup dalam bentuk glosarium.

Penting dan Terkait Konteks

ATP mencakup aspek pembelajaran yang penting seperti kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran. Selain itu, ATP juga mempertimbangkan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata, yang melibatkan aktivitas yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.

Berkesinambungan

Setiap fase dan tujuan pembelajaran saling terkait dan merupakan langkah-langkah yang berurutan, sistematis, dan berjenjang untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam setiap mata pelajaran.

Pengoptimalan 3 aspek kompetensi

Pengoptimalan 3 aspek kompetensi yg terdiri menurut pengetahuan, keterampilan, & perilaku yg berjenjang selaras menggunakan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, & mencipta) dan dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif). Pengoptimalan pula dilakukan dalam penumbuhan kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif, & kolaboratif) dan beriman, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bemalar kritis, & mandiri.

Merdeka Belajar

Prinsip primer penyusunan ATP merupakan pemahaman kata merdeka belajar antara Iain:

  1. Memerdekakan murid pada berpikir & bertindak dalam ranah akademis & bertanggung jawab secara moral
  2. Memfasilitasi & menginspirasi kreativitas murid menggunakan mempertimbangkan keunikan individualnya (kecepatan belajar, gaya & minat)
  3. Mengoptimalkan kiprah & kompetensi pengajar pada merumuskan perencanaan & aplikasi pembelajaran

Operasional & Aplikatif

Rumusan ATP memvisualisasikan & menggambarkan proses pembelajaran & evaluasi secara utuh yg bisa sebagai acuan operasional yg aplikatif buat merancang modul ajar.

Adaptif & Fleksibel

Sesuai menggunakan ciri mata pelajaran, ciri murid, & ciri satuan pendidikan dan mempertimbangkan alokasi ketika & relevansi antar mata pelajaran dan ruang lingkup pembelajaran yakni intra kurikuler, kokurikuler, & ekstra kurikuler.

ATP PAI & BP Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Pengunjung Gurubantu,...

Pada postingan dari gurubantu.com kali ini, kami selaku admin kembali membagikan bagian - bagian dari perangkat ajar kurikulum merdeka. Adapun yang kami bagikan pada sahabat gurubantu.com yaitu ATP PAI & BP Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Jadi jika di antara sahabat gurubantu.com ada yang membutuhkan ATP PAI & BP Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, silahkan dapatkan dengan mengunjungi tautan link download berikut.

⏭Download ATP PAI & BP Kelas 1 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PAI & BP ATP PAI & BP Semester 1 dan 2 Kelas 1 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka