Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Matematika Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

ATP Matematika SD. Dengan dasar upaya proses pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (sebelumnya Kurikulum Prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel yang secara bersamaan berfokus pada konten inti dan pengembangan kepribadian dan keterampilan siswa.

Fitur utama dari kurikulum merdeka yang  mendukung pemulihan pembelajaran meliputi: 

Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan soft skill dan kepribadian sesuai profil pancasila. Fokus pada konten inti untuk memberikan waktu yang cukup untuk pembelajaran keterampilan dasar yang mendalam  seperti membaca, menulis, dan berhitung. Fleksibilitas bagi guru untuk menawarkan konten pembelajaran yang berbeda berdasarkan kemampuan siswa dan menyesuaikan dengan konteks dan konten lokal.  

Prinsip Pembelajaran  Kurikulum Merdeka 

Kurikulum Merdeka mencakup tiga jenis kegiatan pembelajaran:

  1. Pembelajaran Intrakurikuler dilakukan secara berbeda untuk memastikan bahwa siswa memiliki waktu yang cukup  untuk memahami konsep dan memperkuat kompetensinya. Hal ini  memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih bahan ajar  sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswanya.
  2. Pembelajaran Kokurikuler berupa Proyek Peningkatan Profil Mahasiswa Pancasila dengan prinsip pembelajaran interdisipliner yang difokuskan pada pembentukan karakter dan kompetensi umum. 
  3. Kegiatan ekstrakurikuler didasarkan pada minat siswa dan sumber daya sekolah.

Komponen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Admin mengutip dari website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, bahwasanya ATP digambarkan sebagai seperangkat tujuan pembelajaran yang diurutkan secara teratur dan logis dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil belajar. 

ATP harus memiliki beberapa komponen dasar, antara lain: 

 1. Informasi Umum 

  1. sekolah
  2. subjek
  3. fase
  4. kelas
  5. guru
  6. alokasi waktu
  7. tahun ajaran 

 2. Wajar (Rasional) 

 3. Capaian Pembelajaran

  1. proses pembelajaran yang objektif 
  2. konsep inti
  3. alokasi waktu 
  4. profil pancasila
  5. glosarium 

ATP Matematika Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

ATP Matematika Semester 1 dan 2 Kelas 3 SD-MI Kurikulum Merdeka adalah dokumen perencanaan pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka sudah tersedia dan bisa diunduh oleh bapak-ibu di blog gurubantu.com. 

ATP Matematika Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka sebenarnya memiliki ciri yang sama dengan silabus sebelumnya sebagai perencanaan pembelajaran. 

ATP Matematika Kelas 3 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Shared by Administrator. Unduh menggunakan tautan ini. 

☑ Download ATP Matematika Kelas 3 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP Matematika ATP Matematika Semester 1 dan 2 Kelas 3 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka