Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Bahasa Indonesia Kelas 6 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

Gurubantu.com, Bahasa Indonesia Kelas 6 SD-MI. ATP merupakan sistem tujuan pembelajaran yang terstruktur dan teratur dalam proses belajar-mengajar. ATP berfungsi sebagai panduan bagi pendidik dan siswa untuk mencapai hasil belajar pada akhir setiap level.

Setiap lembaga dan pendidik memiliki ATP dan modul pengajaran yang berbeda. Alur tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka sama dengan silabus 2013. Pendidik dapat merancang urutan pembelajaran individu yang terdiri dari tujuan pembelajaran kronologis berdasarkan urutan pembelajaran pada saat itu.

Persiapan ATP membantu membimbing pendidik saat mereka merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan, membantu mereka mencapai hasil pembelajaran dengan cara yang terstruktur, konsisten, terarah, dan terukur.

Penggunaan kata kerja operasional dalam menyusun tujuan pembelajaran membantu pendidik mengidentifikasi indikator, kegiatan pembelajaran, dan bentuk penilaian pembelajaran formatif dan sumatif yang berkaitan dengan pemilihan materi.

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Sederhana & Informatif

Menggunakan kata-kata umum membantu penulis dan pembaca memahami tujuan penulisan tanpa kebingungan atau interpretasi ganda. Tetapi, jika Anda perlu menggunakan istilah khusus, Anda perlu menggunakan daftar istilah untuk menjelaskannya.

Esensial & Kontekstual

Rencana kegiatan pembelajaran mencakup topik pembelajaran utama seperti keterampilan, materi, dan tujuan pembelajaran. Selain itu, perlu juga dipertimbangkan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia nyata serta melibatkan aktivitas yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.

Berkesinambungan

Setiap langkah dalam mencapai hasil belajar siswa untuk setiap mata pelajaran saling terkait dan membutuhkan prosedur langkah demi langkah yang sistematis.

Pengoptimalan 3 aspek kompetensi

ATP mengoptimalkan berdasarkan tiga dimensi kompetensi: pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Hal ini terjadi melalui langkah-langkah kognitif seperti mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, serta aspek pengetahuan seperti faktual, konseptual, prosedural, dan metakognisi. Selain itu, keterampilan hidup seperti keterampilan kritis, kreatif, komunikatif, dan kooperatif, serta pengembangan iman, keragaman global, gotong royong, berpikir kreatif dan kritis, serta kemandirian.

Merdeka Belajar

Dasar utama dalam mempersiapkan Merdeka Belajar adalah memahami konsep belajar mandiri. Dalam hal ini, ditekankan untuk mendorong siswa untuk berpikir dan bertindak secara independen dalam konteks ilmiah dan bertanggung jawab secara etis. Selain itu, perlu memperhatikan kepribadian siswa, seperti kecepatan belajar, gaya belajar, dan minat, serta motivasi siswa untuk berkreasi. Penguatan peran dan kompetensi guru juga harus dipertimbangkan saat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.

Operasional & Aplikatif

Dalam praktiknya, penyusunan ATP perlu menerapkan kata kerja yang aplikatif dan operasional agar dapat berfungsi sebagai titik referensi praktis dalam desain modul pembelajaran yang terarah.

Adaptif & Fleksibel

Penyusunan ATP tidak hanya praktis dan fungsional, tetapi juga dapat beradaptasi dan fleksibel. Selain itu, ATP harus disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, peserta didik dan satuan pendidikan. Waktu dan relevansi pemetaan antara mata pelajaran dan bidang studi juga harus diperhatikan, baik dalam mata pelajaran, ekstrakurikuler, dan kurikulum.

ATP Bahasa Indonesia Kelas 6 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Hai gurubantu.com...!!! 

Di awal perjumpaan tahun baru ini, kami kru gurubantu.com ingin memperkenalkan ATP Bahasa Indonesia untuk Kelas 6 SD-MI dengan Kurikulum Merdeka.

Pastinya ATP Bahasa Indonesia yang kami tawarkan dapat diunduh dengan mudah melalui tautan unduh yang telah kami siapkan.

Anda dapat yakin bahwa seluruh bahan yang kami sajikan dapat diakses secara gratis. Jika Anda merupakan pengunjung setia gurubantu.com dan berkeinginan untuk mengunduh ATP Bahasa Indonesia Kelas 6 dengan Kurikulum Merdeka, silakan segera unduh melalui tautan ini.

Download ATP Bahasa Indonesia Kelas 6 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Indonesia ATP Bahasa Indonesia Semester 1 dan 2 Kelas 6 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka