Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Bahasa Indonesia Kelas 2 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

Gurubantu.com, Bahasa Indonesia Kelas 2 SD-MI. ATP adalah serangkaian tujuan pembelajaran yang sistematis dan teratur dalam proses belajar mengajar. ATP berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar pada akhir setiap tahapan.

Setiap lembaga pendidikan dan guru memiliki ATP dan Modul Pengajaran yang berbeda. Alur Target Pembelajaran pada kurikulum Merdeka sama dengan Silabus pada Kurikulum 2013. Guru dapat menyusun alur pembelajaran masing-masing yang terdiri dari tujuan pembelajaran yang disusun kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Penyusunan Alur dan Target Pembelajaran berguna untuk membimbing guru dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga hasil belajar dapat diperoleh dengan terstruktur, konsisten, terarah, dan terukur.

Penggunaan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran memudahkan guru dalam mengidentifikasi indikator, kegiatan, atau aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran, baik itu formatif maupun sumatif.

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Sederhana & Informatif

Penggunaan kata-kata umum memudahkan penulis atau pembaca untuk memahami maksud pembelajaran tanpa kebingungan atau interpretasi ganda. Namun, jika menggunakan kata-kata khusus, penulis perlu menjelaskan dengan cukup melalui daftar kata (glosarium).

Esensial & Kontekstual

Rencana pembelajaran mencakup hal-hal penting pembelajaran seperti kemampuan, materi, dan hasil pembelajaran. Selain itu, juga mempertimbangkan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata, melibatkan aktivitas yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.

Berkesinambungan

Setiap tahap & tujuan pembelajaran saling terkait dan merupakan langkah-langkah yang berurutan, sistematis, dan bertingkat untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam setiap mata pelajaran.

Pengoptimalan 3 aspek kompetensi

Meningkatkan tiga aspek kemampuan yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dengan menggunakan langkah-langkah kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan) serta dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif). Peningkatan juga dilakukan dalam pengembangan kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif) serta dalam beriman, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, berpikir kritis, dan mandiri.

Merdeka Belajar

Prinsip dasar dalam penyusunan ATP adalah pemahaman tentang konsep belajar yang merdeka. Beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam hal ini antara lain:

  1. Mendorong siswa untuk dapat berpikir dan bertindak secara mandiri dalam konteks akademik dan juga bertanggung jawab secara moral.
  2. Memotivasi kreativitas siswa dengan memperhatikan keunikan individual mereka seperti kecepatan belajar, gaya belajar, dan minat.
  3. Meningkatkan peran serta kompetensi pengajar dalam merencanakan dan menerapkan pembelajaran.

Operasional & Aplikatif

Dalam praktiknya, ATP haruslah bersifat operasional dan aplikatif sehingga dapat menjadi acuan praktis dalam merancang modul pembelajaran. 

Adaptif & Fleksibel

Selain itu, ATP juga haruslah adaptif dan fleksibel agar dapat disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, siswa, dan satuan pendidikan. Hal ini juga harus mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antara mata pelajaran dan ruang lingkup pembelajaran, baik itu intra kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.

ATP Bahasa Indonesia Kelas 2 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Sobat gurubantu.com...!!!

Pada awal pertemuan kita di tahun akademik yang baru ini, kami dari tim gurubantu.com ingin memperkenalkan ATP Bahasa Indonesia untuk siswa Kelas 2 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Tentunya ATP Bahasa Indonesia untuk siswa Kelas 2 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang kami perkenalkan ini, dapat diunduh melalui tautan unduh yang tersedia.

Perlu dicatat bahwa semua materi yang kami bagikan adalah gratis, jadi bagi pengunjung gurubantu.com yang ingin memiliki ATP Bahasa Indonesia untuk siswa Kelas 2 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, silakan unduh segera melalui tautan ini.

⏭Download ATP Bahasa Indonesia Kelas 2 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Indonesia ATP Bahasa Indonesia Semester 1 dan 2 Kelas 2 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka