Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PPKn Kelas 8 SMP-MTs Semester 1 dan 2 - 2023/2024

Download ATP PPKn Kelas 8 SMP-MTs (Fase D) Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 Kurikulum Mereka. Mata pelajaran PPKn bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang  cinta tanah air dan bangga akan tanah air dalam kerangka nilai dan moral Pancasila, kesadaran berkonstitusi, nilai-nilai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,  dan Persatuan dalam Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen negara terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pembelajaran langsung berfokus pada pencapaian tiga kompetensi yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diajarkan secara langsung. 

Pengembangan kompetensi mata pelajaran PPKn mencakup seluruh dimensi kewarganegaraan yaitu: (1) Membentuk sikap kewargaan. ketekunan, komitmen dan tanggung jawab sipil; (2) Pengetahuan kewarganegaraan; (3) Keterampilan kewarganegaraan, termasuk keterampilan kewarganegaraan  dan partisipasi. Pembahasan berlangsung secara keseluruhan, meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. 

PPKn disusun berbasis aksi serta memuat berbagai topik kewarganegaraan yang dapat mendorong siswa / peserta didik untuk menjadi warga negara yang baik dengan mengungkapkan kepedulian terhadap masalah dan tantangan  masyarakat sekitar. 

Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada pemeriksaan pengetahuan dan keterampilan pada saat penyajian hasil belajarnya dalam bentuk tertulis, tetapi lebih ditekankan pada pembentukan sikap dan kegiatan tertentu yang harus mampu dilakukan oleh setiap siswa. Dari sinilah terbentuk sikap  cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) PPKn berfungsi sebagai jembatan bagi guru agar siswa /peserta didik dapat mencapai Capaian pembelajaran (CP) PPKn, sesuai dengan Tujuan Pembelajaran (TP) PPKn yang telah di tetapkan sebelumnya.

Untuk itu guru PPKn di haruskan untuk memiliki atau membuat ATP PPKn sebelum ia terjun langsung dalam pelaksanaan belajar mengajar, supaya proses pembelajaran terkonsep dan terencana sehingga pembelajaran akan berjalan maksimal.

Berikut adalah ATP PPKn untuk bapak-ibu semua yang dapat mimin bagikan untuk hari ini, silahkan download ATP PPKn Kelas 8 SMP-MTs (Fase D) Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 Kurikulum Mereka ini.

ATP [PPKn] Kelas [8] SMP/MTs Semester 1 dan 2 - Kurikulum Merdeka

  • ATP PPKn Kls VIII Semester I Download
  • ATP PPKn Kls VIII Semester II Download
Akses Juga:Perangkat Ajar PPKn Kls 8 SMP/MTs Semester 1/2 Kurikulum Merdeka