Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus [Matematika] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023

Download Silabus [Matematika Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 - ﷽ # Sobat gurubantu, dalam rangka untuk meringankan beban ajar bapak/ibu guru Matematika di sekolah, admin gurubantu berinisiatif untuk memberikan Silabus [Matematika Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 buat di jadikan patokan dasar pembuatan perangkat pembelajaran.

1. Pengertian silabus

Silabus adalah rancangan pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

2. Landasan penyusunan silabus

Berikut landasan dasar pembuatan silabus:
  1. Peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2015 perubahan peratursn pemerintah nomor19 tahun 2005,  tentang Standar Nasional Pendidikan; 
  2. Permenpan dan RB nomor 15 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka  Kreditnya; 
  3. Peraturan Bersama Mendikbud. Dan Kepala BKN nomor 03/III/PB/2011 dan nomor 8 tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya; 
  4. Permendikbud. RI nomor 39 tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan angka Kreditya. 
  5. Pemendikbud. Nomor 21 tahun 2016 tentang standar Isi pendidikan dasar dan menengah. 
  6. Pemendikbud. Nomor 22 tahun 2016 tentang standar Proses pendidikan dasar dan menengah.
3. Prinsip - prinsip penyusunan silabus 

Prinsip-prinsip pengembangan silabus meliputi :
  1. Ilmiah
    Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
  2. Relevan
    Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  3. Sistematis
    Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Konsisten
    Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  5. Memadai
    Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Aktual dan Kontekstual
    Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  7. Fleksibel
    Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh
    Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
4. Komponen Pengembangan Silabus

Komponen - komponen silabus meliputi:
  1. Identifikasi
    Identitas mencakup; nama satuan/lembaga, nama mata pelajaran, tingkat/derajat/kelas.
  2. Standar Kompetensi
    Standar Kompetensi: Patokan tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk mengerjakan suatu tugas yang sesuai dengan apa yang dipersyaratkan.
  3. Kompetensi Dasar
    Kompetensi Dasar: kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bersumber dari kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.
  4. Materi Pokok
    Materi inti yang gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan dalam aspek afektif, kognitif dan psikomotorik untuk mencapai hard skill dan soft skill
  5. Kegiatan Belajar
    Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan pendidik, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi
  6. Indikator
    Indikator adalah Sebuah petunjuk atau keterangan yang dijadikan sebagai tolak ukur untuk perkembangan dan penguasaan peserta didik.
  7. Penilaian (Teknik, Jenis, bentuk, Instrumen)
    Penilaian adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik
  8. Alokasi Waktu
    Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam
  9. Sumber/Bahan/Alat
    Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
5. Langkah langkah penyusunan silabus

Langkah - langkah menyusun silabus di antaranya, yaitu:
  1. Mengkaji Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar 
  2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran 
  3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran 
  4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi 
  5. Penentuan Jenis Penilaian 
  6. Menentukan Alokasi Waktu 
  7. Menentukan Sumber Belajar

Silabus [Matematika] Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Kurikulum 2013

Berikut ini adalah Silabus [Matematika Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 yang dapat gurubantu bagikan di edisi postingan hari ini. Jadi untuk yang berminat untuk mengunduh Silabus [Matematika Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023, silahkan download secara gratis.

Proses download juga mudah, anda hanya di minta untuk mengklik link download yang sudah gurubantu sematkan, kemudian file akan langsung tersimpan. Untuk link download yang gurubantu sematkan ada di bawah ini.


Selesai sudah link unduhan silabus matematika yang gurubantu bagikan. Semoga Silabus [Matematika Kelas [7] SMP/MTs Semester 2 Th 2022/2023 ini bermanfaat untuk bapa/ibu guru semua.