Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI (Fase B) Kurikulum Merdeka

Downlod Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka # ﷽ # Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka adalah dokumen perencanaan proses pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kurikulum Merdeka membawa beberapa perubahan dalam struktur kurikulum pendidikan. Salah satunya adalah integrasi mata pelajaran IPA dan IPS ke dalam IPAS tingkat SD/MI. Penyampaian kurikulum secara mandiri memiliki beberapa kelebihan, antara lain lebih sederhana dan mendalam, lebih mandiri dan relevan, serta lebih interaktif.

Kurikulum Merdeka bertujuan untuk membekali peserta didik dengan potensi maksimal untuk berkreativitas dan mengembangkan diri.

Menggabungkan IPA dan IPS menjdi mata pelajaran IPAS, berdasarkan pertimbangan bahwwa anak usia SD/MI lebih cenderung melihat segala sesuatu sebagai satu kesatuan yang utuh. Penggabungan ini bertujuan untuk mendorong peserta didik dalam mengelola lingkungan alam dan sosialnya secara konsisten.

Mata pelajaran IPAS diajarkan dari mulai Kelas 3 (Tahap B) SD/MI untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan alam dan sosial. Oleh karena itu, mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan dalam kurikulum tersendiri sebagai mata pelajaran IPAS untuk membantu siswa memahami lingkungan.

Guru wajib membuat modul ajar IPAS secara mandiri untuk melaksanakan proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Modul Ajar adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan sebagai konsep keseluruhan untuk kegiatan belajar mengajar.


Modul Ajar Pendidikan IPAS SD/MI Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa komponen diantaranya : Tujuan, alur dan target pencapaian pembelajaran.

Melalui modul ajar ini akan memungkinkan guru untuk mengasah keterampilan yang terkait dengan dimensi Keyakinan profil siswa Pancasila. , bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia kepada orang-orang di sekitar kita, pengembangan diri, kemandirian melalui berpikir kritis dan kerjasama.

Modul pAjar ini menitik beratkan pada tema gaya serta pemanfaatannya dan memiliki banyak kegiatan refleksi yang berlangsung pada setiap tahapan proses, tergantung pada tujuan pembelajaran pada setiap tahapan.

Download Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI (Fase B) Kurikulum Merdeka

Berikut ini gurubantu.com bagikan untuk anda contoh Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI (Fase B) Kurikulum Merdeka yang bisa dijadikan sebagai acuan buat anda saat membuat Modul Ajar ataupun juga perangkat ajar kurikulum merdeka.

Untuk link unduhan Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI (Fase B) Kurikulum Merdeka, link unduhannya silahkan anda klik Di sini.

Demikian tadi sahabat gurubantu.com contoh Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI (Fase B) Kurikulum Merdeka yang dapat kami berikan. Semoga Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD/MI (Fase B) Kurikulum Merdeka ini dapat menjadi sumber referensi yang baik untuk anda dallam membuat Modul Ajar yang lainnya.