Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian Dalam Yang Benar

Dalam permainan sepakbola, ada beberapa tehnik dasar dengan bola yang harus di kuasai dengan baik oleh pemain sepakbola, di antaranya yaitu menggiring bola, menendang bola, menahan bola dan menyundul bola.

Tehnik menggiring bola terbagi atas menggiring bola dengan kaki bagian dalam, menggiring bola dengan kaki bagian luar dan menggiring dengan punggung kaki. Tehnik menendang bola dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan dengan punggung kaki

Tehnik menahan bola dapat di lakukan dengan bagian tubuh manapun kecuali tangan, diantaranya yaitu dengan telapak kaki, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, paha, dada, dan kepala. Adapun tehnik menyundul bola dapat di lakukan dengan cara menyundul bola dengan sikap berdiri, menyundul bola dengan melopat,

Berikut ini adalah penjelasan singkat bagaimana cara menendang bola dengan kaki bagian dalam yang baik dan benar!.

Cara menendang bola dengan kaki bagian dalam:

  • Berdiri menghadap arah bola. 
  • Letakan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut agak tertekuk dan bahu menghadap arah gerakan.
  • Kedua lengan ditempatkan di samping badan, agak terentang. Pergelangan kaki yang akan dipakai untuk menendang diputar ke luar dan dikunci. Pandangan fokus pada bola. 
  • Selanjutnya, tarik tungkai yang akan digunakan menendang bola ke belakang kemudian ayunkan ke depan ke arah bola. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola.
  • Terakhir, pindahkan berat badan ke kaki tumpu depan bersamaan kaki yang digunakan menendang diletakan di depan. Pandangan fokus ke arah bola.

Demikian tehnik menendang bola dengan kaki bagian dalam yang benar yang dapat admin penjas TV uraikan, semoga uraian singkat gerakan menendang bola dengan kaki bagian dalam ini dapat bermanfaat untuk anda.

Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Cara Menendang Bola Dengan Kaki bagian Dalam Yang Benar"

Contact Us

Nama Email * Pesan *