Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Posisi Pemain Futsal Beserta Tugasnya

Berdasarkan sejarahnya permain futsal diciptakan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay tepatnya pada Th 1930. Permainan futsal ini sendiri di mainkan oleh 2 tim yang saling berhadapan di mana masing - masing tim terdiri atas 5 orang pemain dengan durasi waktu 2x20 menit.

Dalam permainan futsal terdapat 4 posisi pemain yang di kenal yaitu kiper, anchor, flank, dan pivot. Berikut ini ulasan 4 posisi pemain futsal beserta tugasnya dan peranannya di dalam permainan.

Posisi Pemain Futsal dan Tugasnya:

1. Penjaga gawang

Kiper atau penjaga gawang pemain yang memiliki tugas menjaga gawang supaya tidak kebobolan atau kemasukan bola.

Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang diperbolehkan menyentuh bola dengan tangan dan lengannya, tetapi hanya di dalam kotak penalti atau di kenal dengan area kiper

2. Anchor

Anchor di kenal sebagai pemain bertahan dan sekaligus sebagai pengatur serangan di dalam futsal. Posisi anchor dalam futsal di ibaratkan seperti kombinasi antara bek dan gelandang dalam permainan sepak bola. Seorang Anchor harus memiliki penguasaan bola yang kuat dan juga kemampuan dalam penguasaan lapangan yang baik, hal ini berfungsi untuk mempermudah distribusi bola ke yang lain sehingga lebih mudah dalam mengatur serangan tim.

Anchor juga bertanggung jawab sebagai bek jika tim sedang diserang. Karena itulah seorang anchor harus memiliki kemampuan bertahan yang baik

3. Flank (Ala)

Flank atau Ala merupakan pemain tengah atau sayap dalam futsal. Flank merupakan motor serangan dalam sebuah tim, dalam permainan futsal posisi flank biasanya terdiri atas 2 orang yakni berada di sisi kiri dan kanan lapangan. 

Flank tidak hanya bertugas untuk menyerang tetapi juga jadi penghubung serangan antara anchor dan pivot (pemain depan). 

Flank harus mampu menciptakan peluang mencetak gol untuk timnya. Seorang flank harus memiliki penguasaan bola yang sempurna dan juga kecepatan yang tinggi. Bahkan, seorang flank harus bisa menciptakan gool atas dirinya sendiri.

4. Pivot

Pivot merupakan posisi penyerang dalam futsal. Tugasnya adalah mengubah peluang menjadi gol. Seperti anchor, pivot dapat bertindak sebagai pengontrol permainan tim. Pivot juga menjadi pemain pertama yang bertugas menahan serangan lawan ketika tim sedang di serang.

Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "4 Posisi Pemain Futsal Beserta Tugasnya"

Contact Us

Nama Email * Pesan *