Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Tehnik Pegangan Lembing dalam Olahraga Lempar Lembing

Lempar lembing atau yang dikenal dengan jevelin throw adalah salah satu nomor cabang olahraga atletik yang menggunakan tongkat berujung runcing untuk dilempar sejauh-jauhnya. 

Lempar lembing berasal dari dua kata, yakni lempar dan lembing. Kata lempar berarti membuang sejauh mungkin, sedangkan kata lembing adalah nama tongkat berujung runcing atau alat yang digunakan.

Dalam pelaksanaanya, tehnik memegang lembing ada 3 cara yaitu cara amerika, cara finlandia dan cara pegangan tang (menjepit). Berikut penjelasannya.

Tehnik Pegangan Lembing

Berikut ini adalah 3 cara pegangan lembing dalam olahraga lempar lembing.

1. Cara Amerika

Cara pengan amerika atau Amerikan grip merupakan gaya yang paling mudah dilakukan, khususnya untuk pemula yang baru ingin belajar lempar lembing. Selain pemula, masyarakat dan pendidikan juga menggunakan gaya ini untuk memegang lembing karena daya dorong yang dihasilkan oleh ibu jari dan jari telunjuk lebih tinggi.

Cara Pegangan : 

  • Pertama-tama pegang lembing di bagian belakang lilitan lembing
  • Jari telunjuk melingkar di belakang lilitan dan ibu jari menekannya di bagian permukaan yang lain. 
  • Sementara itu, jari-jari lain turut melingkar di badan lembing dengan longgar

2. Cara Finlandia

Gaya memegang lembing yang satu ini mirip dengan gaya Amerika, namun telunjuk yang lurus harus diulur agak ke belakang untuk mengontrol saat ingin melemparkan lembing.

Cara Pegangan : 

  • Pegang lembing pada bagian belakang lilitan menggunakan jari tengah dan ibu jari
  • Jari telunjuk berada sepanjang batang lembing dan agak serong ke arah yang wajar.
  • Untuk Jari-jari lainnya turut melingkar di badan lembing dengan longgar.

Secara umum gaya pegang lembing Amerika dan Finlandia masih digunakan sampai sekarang karena memiliki dorongan yang sama kuat, hanya berbeda teknik memegang saja.

3. Cara Pegangan Tang (Menjepit)

Cara pegangan tang (menjepit) juga dikenal dengan teknik fork atau V grip, cara pegangan dilakukan dengan posisi lembing berada di antara jari telunjuk dan jari tengah membentuk huruf “V”.

Dalam menggunakan cara memegang lembing dengan teknik fork atau V grip posisi lembing tidak sepenuhnya berada di telapak tangan melainkan terletak dekat pangkal ibu jari.

Cara melakukan : yaitu dengan menjepitkan lembing diantara dua jari tengah dan jari telunjuk, dengan jari jari lainnya memegang lembing dengan wajar.

Demikian pembahasan 3 Cara Tehnik Memegang Lembing dalam Olahraga Lempar Lembing yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung
Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "3 Cara Tehnik Pegangan Lembing dalam Olahraga Lempar Lembing"

Contact Us

Nama Email * Pesan *