Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi dan Urgen Guru Sebagai Pendidik Dan Pengajar

Posisi guru dalam pembelajaran sangat urgen. Boleh di kata, guru adalah faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Berhasil atau tidaknya pendidikan mencapai tujuannya selalu di hubungkan dengan kiprah para guru. Oleh karena itu, usaha - usaha yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan hendaknya di mulai dari peningkatan kualitas para guru. 

Guru yang berkualitas di antaranya adalah mengetahuai dan mengerti peran dan fungsinya dalam proses pembelajaran.


Adapun peran - peran guru antara lain:

1. Guru sebagai pendidik

Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh panutan dan identifikasi bagi peserta didik dan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu guru harus memiliki standar kualitas tertentu yang mencakup tanggungjawab, kemandirian, wibawa dan kedisiplinan. Guru tidak hanya tahu tentang materi yang akan di ajarkan. Akan tetapi, ia pun harus memiliki kepribadiaan yang kuat, yang menjadikannya sebagai panutan bagi siswa.

Mendidik adalah menanamkan nilai - nilai yang terkandung dalam setiap materi yang di sampaikan kepada anak. Jadi, peran guru tidak hanya menjejali anak dengan semua ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) dan menjadikan siswa tahu segala hal, akan tetapi guru juga harus dapat berperan sebagai pentransfer nilai - nilai (transfer of values).

Adapun hal - hal yang harus di perhatikan guru sebagai pendidik diantaranya:
  1. guru harus dapat menempatkan dirinya sebagai teladan bagi siswanya.
  2. guru harus mengenal siswanya. guru harus bisa mengenal sifat, bakat dan minat masing - masing siswanya, karena masing - masing siswa memiliki pribadi yang berbeda.
  3. guru harus mengetahui metode - metode penanaman nilai dan bagaimana menggunakan metode - metode tersebut sehingga berlangsung dengan efektif dan efesien.
  4. guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang tujuan pendidikan indonesia pada umumnya, sehingga dapat memberikan arah dalam memberikan bimbingan kepada siswa.
  5. guru harus memiliki pengetahuan yang luas tentang materi yang akan di ajarkan.

2. Guru sebagai pengajar

Kegiatan belajar peserta didik di pengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat kebebasan, rasa aman dan ketrampilan guru dalam berkomunikasi.

Guru harus berusaha membuat sesuatu menjadi jelas bagi peserta didik, dan terampil dalam memecahkan masalah.

Ada beberapa hal yang harus di lakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran, diantaranya adalah membuat ilustrasi, mendefinisikan, menganalisis, membuat sintesis, bertanya, merespons, mendengarkan, menciptakan kepercayaan, memberikan pandangan yang bervariasi, menyediakan media untuk mengkaji materi standar, dan menyesuaikan metode pembelajaran.