Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah - Istilah Dalam Kebugaran Jasmani

Salah satu aspek pokok yang perlu di jaga oleh semua orang baik oleh para olahragawan maupun orang biasa adalah tingkat kebugaran jasmaninya. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang maka semakin tinggi pula derajat kesehatannya, sehingga peluang ia untuk jatuh sakit akan semakin kecil pula.

Banyak sekali beragam latihan olahraga yang dapat meningkatkan derajat kebugaran jasmani seseorang, salah satu contohnya seperti lari/jogging.


Nah, pada kesempatan kali ini 90detik akan coba membagikan artikel seputar istilah - istilah olahraga yang sering di pakai pada latihan olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani!. Penasaran, langsung saja simak istilah - istilah berikut:

Istilah dan Jenis - Jenis Latihan Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani:
  • Circuit training adalah latihan kombinasi dari semua unsur latihan fisik yang di buat dalam bentuk pos – pos atau circuit. Latihan-latihannya dapat berupa lari naik-turun tangga, melempar bola, shuttle run, berbagai bentuk weight training, dan sebagainya
  • Interval Trainning adalah suatu sistem atau metode latihan yang diselingi oleh interval-interval yang berupa masa-masa istirahat (Harsono, 1988: 157).
  • Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan, sehingga tubuh masih bisa melakukan aktivitas serupa di keesokan harinya
  • Daya tahan (Endurance) adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus. Contoh latihan untuk daya tahan yaitu lari 2,4 km. lari 12 menit. lari multi stage. lari naik turun bukit, dll
  • Kecepatan (speed) adalah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam waktu sesingkat-singkatnya.
  • Daya lentur (Flexibility) adalah efektifitas seseorang dalam menyesuaikan diri untuk segala aktifitas dengan penguluran tubuh yang luas. Contoh latihannya upperr Body Flexibility Exercisesm
  • Kelincahan (Agility) yaitu kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh seperti dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan. Salah satu contoh olahraga yang mengandalkan kelincahan adalah bulu tangkis, dan sepak bola.
  • Koordinasi (Coordination) adalah kemampuan seseorang dalam mengintegrasikan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif. Kemampuan koordinasi tubuh dapat dilatih dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan tangan kanan dan menangkapnya kembali menggunakan tangan kiri.
  • Keseimbangan (Balance) adalah kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga dapat mengendalikan gerakan tubuh dengan baik. Salah satu cabang olahraga yang mengandalkan kemampuan keseimbangan adalah senam dan loncat indah.
  • Ketepatan (Accuracy) adalah kemampuan dalam mengendalikan gerakan sesuai dengan sasaran. Sepak bola bowling, dan memanah merupakan cabang permainan olahraga yang mengandalkan ketepatan.
  • Kekuatan (strenght) adalah kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja. Contoh latihannya di antaranya squat jump, push up, sit up, angkat beban, back up, dll
  • Reaksi (Reaction) adalah kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain. Bentuk latihan kebugaran jasmani untuk melatih ketepatan reaksi adalah lempar tangkap bola
  • Push Up yaitu Jenis latihan olahraga untuk menguatkan otot lengan atau tangan. Latihan ini di lakukan dengan posisi tubuh tengkurap dengan bertumpu pada tangan dan kaki.
  • Sit Up adalah Jenis latihan olahraga untuk menguatkan otot perut. Latihan ini di lakukan dengan posisi awal tidur terlentang yang di lanjutkan dengan menekuk badan ke depan atas secara berulang - ulang.
  • Squat Jump yaitu jenis latihan untuk melatih otot tungkai/kaki. Dilakukan dengan cara loncat dan menekuk tungkai kaki secara bergantian.
  • Back Up yaitu jenis latihan untuk melatih otot punggung. Di lakukan dengan posisi awal tidur tengkurap yang di lanjutkan dengan mengangkat tubuh setengah badan keatas secara berulang
  • Pull Up yaitu jenis latihan untuk memperkuat otot lengan. Dilakukan dengan cara tangan bergelantungan di tiang palang penyangga yang di lanjutkan dengan mengangkat tubuh keatas melewati tiang penyangga.
  • Zig – Zag Run yaitu latihan lari belak – belok
  • Daya otot (Muscular Power) adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu sependek-pendeknya. Contoh latihannya yaitu vertical jump, front jump, side jump, dll
  • Fartlex atau speed play adalah suatu sistem pelatihan endurance, yang maksudnya adalah untuk membangun, mengembalikan, atau memelihara kondisi tubuh seseorang (Harsono, 1988: 155).  Fartlek sebaiknya dilakukan di alam terbuka dimana ada bukit-bukit, semak belukar, selokan untuk dilompati, dan sebagainya. Fartlek biasanya dimulai dengan lari lambat-lambat yang kemudian di variasi dengan sprint-sprint pendek yang intensif dan dengan lari jarak menengah dengan kecepatan yang konstan yang cukup tinggi, kemudian diselingi dengan jogging dan sprint lagi, dan sebagainya, metode ini sebaiknya dilakukan pada persiapan, masa jauh sebelum pertandingan. Fartlek adalah kerja pada tingkat aerobik, yaitu dimana pemasukan (supply) oksigen yang masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan yang dilakukan oleh otot.

Itulah jenis dalam latihan kebugaran jasmani dalam dunia olahraga, semoga bisa membantu wawasan anda tentang Olahraga, salam 90detik.