Tehnik Block / Bendungan Bola Voli Yang Baik dan Benar

Block atau Bendungan dalam bola voli merupakan tehnik menahan serangan lawan yang paling ampuh. Block sendiri dalam kontek sederhana dapat di artikan sebagai usaha dari seorang pemain bola voli untuk menahan smash / spike lawan.

Dalam melakukan block guna meredam serangan lawan biasanya sebuah tim bola voli akan menyerahkan tugas ini kepada smasher / spiker mereka. Tapi hal ini tentu tidak mutlak, karena dalam melakukan block / bendungan sebetulnya bisa di lakukan oleh siapa saja selama posisi pemain tersebut berada di garis depan atau pemain penyerang.


Tehnik block guna meredam serangan lawan bisa di lakukan secara perorangan, berpasangan maupun berkelompok semisal tiga pemain sekaligus tergantung kehebatan dari pemain lawan yang melakukan smash / spike.

Lalu sebutulnya bagaimana sih cara melakukan block yang baik dan benar, supaya block atau bendungan yang kita lakukan bisa di katakan baik atau berkualitas!.

Berikut adalah cara melakukan Block / Bendungan Bola Voli Yang Baik dan Benar:
  1. Berdiri di dekat net dengan posisi awal kaki lurus di buka selebar bahu sedangkan posisi kedua tangan di buka di depan dada.
  2. Langkahkan kaki ke kiri atau ke kanan (bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike/ smash) sambil bersiap melakukan block.
  3. Ketika bola lepas dari pengumpan dan smasher melakukan lompatan untuk memukul bola segera lakukan lompatan dengan menggunakan kedua ujung telapak kaki bagian depan sambil menjulurkan kedua tangan lurus kedepan atas untuk melakukan bendungan / block
  4. Step akhir lakukan pendaratan dengan kedua kaki secara bersamaan. Adapun bagian kaki yang mendarat terlebih dahulu di lantai adalah ujung telapak kaki bagian depan.

Adapun untuk melakukan bendungan / block baik itu tunggal, berpasangan ataupun berkelompok (bertiga) pada prisnsipnya tehniknya sama saja. Yang perlu di perhatikan hanya posisi pemain tidak boleh terlalu rapat saat melakukan lompatan supaya tidak bersenggolan saat melakukan block.

Kesalahan  - Kesalahan personal dari seorang pemain saat melakukan block / bendungan :
  1. Melakukan loncatan kedepan atas tidak lurus keatas sehingga tangan atau bagian tubuh lainnya menyentuh net.
  2. Tangan yang melakukan block terlalu renggang
  3. Terlalu buru - buru atau terlalu lama saat melakukan loncatan sehingga kalah posisi dengan pemukul (smasher) lawan.
  4. Pada saat mendarat kaki masuk kearea lapangan lawan

Ok demikian sekilah uraian tehnik block bola voli yang baik dan benar, semoga tulisan ini memberi manfaat untuk anda.

Belum ada Komentar untuk "Tehnik Block / Bendungan Bola Voli Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel