Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Umum Saat Passing Bawah Bola Voli

Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Melakukan Passing Bawah Bola Voli. Kebanyakan para pemula yang baru belajar bola voli mengalami kesulitan saat melakukan Passing Bawah Bola Voli, semisal bolanya melenceng, meleset kesamping maupun yang lainnya. Hal ini terjadi karena mereka belum sepenuhnya menguasai tehnik dasar passing bawah bola voli secara benar.

Untuk itu kami berikan analisisis untuk anda, kenapa pasing bawah bola voli yang anda lakukan gagal dimana laju bola tidak sesuai dengan yang anda harapkan.


Seperti sudah di ketahui bahwasanya laju bola yang baik hasil pasing bawah adalah bola lajunya lambung dan melengkung membentuk gerakan parabola.

Berikut adalah kesalahan - kesalahan yang umum terjadi saat melakukan passing bawah bola voli yang di lakukan oleh para pemula.

Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Melakukan Passing Bawah Bola Voli:

1. Pada Sikap Awal
    Kesalahan Yang Umum di Buat :
  • Kedua lutut lurus tidak di rendahkan
  • Kedua lengan tidak di rapatkan dan juga lengan bengkok tidak di luruskan
    Tehnik Seharusnya Yang Benar :
  • Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. 
  • Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datangnya bola

2. Pada Sikap Pelaksanaan
    Kesalahan Yang Umum di Buat :
  • Perkenaan bola tidak tepat pada pergelangan tangan
    Tehnik Seharusnya Yang Benar :
  • Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergelangang tangan

3. Pada Sikap Akhir :
    Kesalahan Yang Umum di Buat :
  • Tidak ada gerakan akhir fundamental / gerak dorongan badan
    Tehnik Seharusnya Yang Benar :
  • Tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong

Demikian analisis dari tim kami terkait kesalahan - kesalahan yang umum di buat oleh para pemula pada saat melakukan gerakan passing bawah bola voli. Semoga bermanfaat.