Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli Yang Benar

Tehnik Passing Bawah Bola Voli. Gerakan passing dalam bola voli dapat di artikan sebagai operan bola terhadap rekan satu tim di mana laju bola itu sendiri adalah melengkung atau parabola sehingga memudahkan teman seregu dalam menerima bola.

Pada penerapannya, tehnik passing bola voli sendiri ada dua macam yaitu Passing bawah dan Passing Atas. Kedua jenis passing ini merupakan elemen penting yang harus di kuasasi oleh pemain, karena passing merupakan dasar dari permainan bola voli

Nah, dalam pembahasan kami kali ini kami fokuskan bagaimana cara melakukan passing bawah bola voli yang baik dan benar khususnya untuk para pemula. Lalu apa sih yang di maksud dengan Passing bawah itu sendiri?, berikut penjelasannya;

Yang di maksud dengan Passing bawah bola voli adalah gerakan mengambil bola dari bawah badan dengan dua tangan atau lengan yang di rekatkan yang tujuannya untuk mengoperkan bola ke tosser atau rekan tim.

Lalu bagaimana caranya yah supaya bola hasil operan kita pas dan dapat dengan mudah di terima oleh teman satu tim kita?.

Berikut ini kami jabarkan cara atau langkah - Langkah melakukan passing bawah yang baik dan benar untuk para pemula.

Langkah - Langkah Melakukan Passing Bawah:

  1. SIKAP AWAL
    Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datangnya bola.
  2. SIKAP PELAKSANAAN
    Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergelangang tangan.
  3. SIKAP AKHIR
    Tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong

Nah demikian tadi bagaimana cara melakukan passing  bawah yang baik dan benar untuk anda para pemula yang sedang belajar bola voli. Semoga bermanfaat.