Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPE IPS Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka

RPE IPS Kelas VII SMP. Rincian minggu efektif / Rincian Pekan Efektif (RPE) adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari jumlah hari yang valid dan tidak valid pada tahun ajaran berjalan dan merupakan indikator bagi sekolah, khususnya guru, untuk mengetahui jumlah minggu yang valid dan tidak valid serta jumlah jam yang tersedia untuk pembelajaran.

Rincian minggu efektif (RPE) adalah perhitungan jumlah minggu atau sesi belajar per tahun. Rincian minggu efektif juga mencakup jumlah minggu efektif, minggu efektif terfasilitasi, dan minggu tidak efektif dalam satu tahun ajaran.

Rincian minggu efektif merupakan perhitungan jumlah kalender pendidikan yang ditetapkan oleh sekolah.

Sebelum menyusun rincian minggu efektif (RPE), perlu diketahui unsur-unsur apa saja yang termasuk dalam rincian minggu efektif (RPE).

Rincian Pekan Efektif

Komponen-komponen yang termasuk dalam RPE adalah:

  • Jumlah Minggu dalam satu tahun ajaran
    • Ini adalah jumlah total minggu dalam periode tersebut, termasuk minggu efektif dan tidak efektif.
  • Jumlah minggu yang tidak efektif
    • Jumlah minggu yang tidak dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Misalnya, hari libur nasional, hari libur keagamaan, dll.
  • Jumlah minggu yang efektif.
    • Menunjukkan bahwa minggu tersebut merupakan minggu yang valid untuk kegiatan pembelajaran.
  • Jumlah jam KBM yang efektif
    • Jumlah total jam yang berlaku selama satu semester.

Cara Menghitung Rincian Pekan Efektif (RPE)

Untuk menghitung rincian atau rencana pekan efektif (RPE), ada beberapa langkah dasar yaitu:

1. Menghitung jumlah minggu dalam satu semester

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jumlah minggu dalam satu semester adalah jumlah seluruh minggu dalam semester tersebut. Oleh karena itu, semua minggu yang efektif dan tidak efektif dihitung.

2. Menghitung jumlah minggu tidak aktif

Setelah menghitung jumlah total minggu dalam satu periode, Anda dapat menghitung jumlah minggu tidak aktif. Jumlah minggu tidak aktif, yaitu minggu yang tidak dapat digunakan untuk belajar.

3. Menghitung jumlah minggu efektif

Untuk mencari jumlah minggu efektif yang tersedia untuk pembelajaran atau tatap muka, yaitu dengan cara kurangi jumlah minggu dalam 1 semester dengan jumlah minggu tidak efektif pada semester tersebut. (Jumlah total minggu - jumlah minggu tidak efektif = jumlah minggu efektif)

4. Menghitung jam efektif KBM

Kalikan juga jumlah minggu aktif dengan jumlah jam pelajaran untuk mendapatkan jumlah jam kerja. Setelah itu, jumlah jam tersebut dialokasikan ke setiap CP atau materi pelajaran.

RPE IPS Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka

Rincian Pekan Efektif (RPE) Kurikulum Maandiri IPS Kelas VII SMP adalah rincian alokasi waktu proses pembelajaran IPS Kelas VII SMP yang dinyatakan dalam bentuk minggu efektif untuk pembelajaran, minggu tidak efektif untuk pembelajaran, dan jam efektif untuk pembelajaran.

Rincian jumlah minggu efektif kurikulum mandiri (RPE) IPS Kelas VII SMP merupakan bagian dari dokumen administrasi guru IPS Kelas VII SMP atau perangkat pembelajaran IPS Kelas VII SMP.

Rincian jumlah minggu efektif (RPE) Kurikulum Mandiri IPS SMP Kelas VII sudah tersedia di sini, sehingga Anda tidak perlu membuatnya. Anda cukup mengunduh file langsung dari sini.

Namun, ada beberapa langkah dasar untuk mengunduh Rincian Jumlah Minggu Efektif (RPE) IPS Kurikulum Merdeka SMP/MTs Kelas VII ini.

Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam mengunduh Rincian Minggu Efektif (RPE) IPS Kurikulum Merdeka SMP/MTs Kelas VII, jangan ragu untuk segera menghubungi kami.

Di bawah ini adalah link download untuk Rincian Pekan Efektif (RPE) IPS Kelas VII SMP/MTs Kurikulum Mandiri.

RPE IPS SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka

RPE IPS Kelas VII SMP Rincian Pekan Efektif (RPE) IPS Kelas 7 SMP-MTs Semester 1 dan 2 | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka