Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Jadi Blogger Hasilkan Uang

Tips Sukses Jadi Blogger. Saat ini, semakin banyak pemula yang mencari  cara untuk menjadi blogger profesional. Hal ini wajar mengingat manfaat menjadi seorang blogger  tidak bisa dianggap remeh, karena bisa menghasilkan uang yang cukup besar.

Jika blog Anda memiliki pengunjung dan traffic yang banyak, Anda bisa memperoleh penghasilan tinggi hingga Rp 1 juta - 5 juta per bulan. Namun, mendapatkan banyak pengunjung dan menjalankan blog yang sukses tidaklah mudah dan cepat. 

Untuk mencapainya diperlukan kerja keras, waktu, dan konsistensi. Oleh karena itu, jika Anda berpikir untuk menjadi seorang blogger, saya ingin memperkenalkan beberapa metode yang efektif, silakan merujuk pada metode tersebut. Silakan disimak sampai akhir ya saudara!

Yuk Kenali Profesi dan Penghasilan Blogger

Blogger adalah orang yang menulis di blog karena alasan pribadi atau dengan tujuan mendapatkan penghasilan berupa uang. 

Kegiatan menulis blog disebut blogging. Kegiatan ini mulai populer pada tahun 2000an dan terus berkembang pesat hingga saat ini. Sebagai seorang blogger, Anda bisa banyak menulis dan meliput banyak topik. 

Menghasilkan uang sebagai blogger profesional juga cukup menjanjikan. Gaji atau penghasilan utama seorang blogger  berasal dari Google AdSense. Rata-rata, seseorang dapat memperoleh penghasilan antara 1 juta hingga 5 juta per bulan, atau bahkan lebih. 

Ini sangat relatif karena bergantung pada traffic Anda dan jumlah pengunjung blog. Oleh karena itu, semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, semakin tinggi pula gaji Anda. 

Selain  Google AdSense,  blogger juga bisa mendapatkan uang dari sumber lain. Dari pemasaran afiliasi, penempatan konten, menjual atau membuat produk Anda sendiri, hingga menjadi duta merek, kontes blogging, dan banyak lagi. 

Untuk menjadi seorang blogger profesional, Anda harus memenuhi beberapa syarat. Untuk menjadi seorang blogger, Anda harus memenuhi persyaratan berikut: 

  1. Waktu 
  2. Kemampuan menulis 
  3. Minat 
  4. Pengetahuan teknis tentang blogging 
  5. Keterampilan desain blog 
  6. Wawasan untuk periklanan atau pemasaran 
  7. Kreativitas tinggi

Tips Sukses Jadi Blogger Hasilkan Uang

Untuk menjadi  blogger profesional yang sukses, Anda memiliki beberapa pilihan. 

1. Tentukan tujuan pembuatan blog 

Pertama, perjelas tujuan Anda membuat blog. Ini sangat membantu dalam membuat pedoman dalam mengelola blog Anda. Ada berbagai jenis fokus blog, termasuk: 

  1. Press Release # Blog yang berisi berita terkini dan berita tentang berbagai peristiwa tertentu.  
  2. PPC # Sebuah blog yang dimaksudkan untuk menampilkan iklan seperti Google AdSense. Iklan ini memberi Anda uang setiap kali pengunjung mengklik atau membuka iklan Anda. 
  3. Affiliate Marketing # Berisi link untuk membeli produk. Anda mendapatkan uang berdasarkan jumlah konversi penjualan yang dicapai. 
  4. Content Placement # Dapatkan uang dari artikel yang menyertakan ulasan produk atau layanan dan muncul di blog Anda. 

2. Pilih topik yang menarik 

Cara menjadi blogger selanjutnya adalah mencari topik blog yang menarik. Pemilihan tema ini berperan besar karena akan menentukan berjalannya blog Anda dan jumlah pengunjung. 

Oleh karena itu, yang terbaik adalah memilih topik yang  banyak dicari orang. Topik yang dapat Anda pilih meliputi mode, gaya hidup, kesehatan, pendidikan, tutorial, ulasan, bisnis, berita, dan banyak lagi.

3. Pilih Platform atau CMS Blog 

Sebelumnya, perlu kamu pahami bahwa ada beberapa platform blog yang bisa kamu gunakan untuk blog. Beberapa pilihan tersebut adalah Blogger.com, WordPress.com, Wix, Medium, dan lain sebagainya. 

Setiap platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan konten yang ingin kamu buat. Ketika memilih platform, pastikan juga kamu menggunakan nama domain yang tepat. 

Domain adalah alamat untuk mengakses situs website yang kamu miliki. Sebaiknya, pilihlah nama domain yang mudah untuk orang lain ingat dan belum pernah ada yang menggunakan. 

4. Tentukan Domain dan Hosting 

Setelah memilih platform untuk blog, berikutnya adalah memilih domain dan hosting. Berbicara tentang domain, ada banyak sekali yang ekstensi domain yang bisa kamu pilih seperti .com, .id, .net, .co.id, dan lain-lain. 

Ekstensi domain yang umum digunakan untuk membuat blog biasanya .com. Domain ini populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain itu, domain .com juga terbilang murah dari ekstensi domain lainnya. 

Setelah Anda menemukan nama domain, Anda juga perlu menyewa hosting agar blog Anda dapat diakses melalui internet.

5.  Desain tampilan blog 

Merancang kehadiran blog Anda adalah cara yang sama pentingnya untuk menjadi seorang blogger sukses. Sebab, tampilan sangat berpengaruh  terhadap pengalaman pengunjung saat mengunjungi website atau blog Anda. 

Faktanya, kunci dari blogging adalah konten tekstual. Namun jika tampilannya kurang memuaskan, pengunjung  tidak akan mau berlama-lama. Setiap platform blog mempunyai pengaturan tampilan yang berbeda-beda. 

Anda dapat menyesuaikan tampilan blog Anda agar sesuai dengan tema pilihan Anda. Selain itu, sesuaikan konten Anda dengan audiens target Anda. Komponen tampilan yang harus diperhatikan meliputi tema, warna, font, dan tata letak. 

Berikutnya adalah judul, header, konten, sidebar, widget, footer, bilah navigasi, tombol bagikan, dan bilah menu. 

6. Mulai membuat konten 

Sekeras apapun Anda mengikuti cara  blogger pemula, percuma saja jika Anda tidak membuat konten. Konten adalah kunci untuk blogging. Oleh karena itu buatlah konten yang bagus, menarik, dan tentunya original. 

Sebagai seorang blogger, Anda juga perlu terus meningkatkan kemampuan menulis Anda. Jangan langsung puas dengan hasil teks Anda. Selain itu, selalu ingat untuk memposting secara rutin dan konsisten.

7. Kuasai  SEO dan Teknikal

SEO atau Search Engine Optimization merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh setiap blogger. Pasalnya, menguasai teknik SEO bisa sangat membantu agar blog Anda bisa menduduki peringkat teratas daftar pencarian  mesin pencari. 

Beberapa teknik dasar SEO yang setidaknya harus Anda kuasai antara lain riset kata kunci, memahami maksud pengguna, kemampuan menentukan peringkat kata kunci dengan benar, menggunakan backlink, dan membuat konten ramah SEO. 

Riset kata kunci berperan besar dalam menciptakan konten yang  banyak diminati oleh pengguna internet. Hal ini bisa membuat blog Anda semakin ramai. 

Juga, kuasai berbagai alat yang akan membantu Anda dengan SEO. Contohnya termasuk Ubersuggest, SEMRush, Google Search Console, dan Screaming Frog. Beberapa alat berbayar, sementara yang lain  gratis. 

Ada begitu banyak kesempatan untuk  belajar tentang SEO saat ini. Kamu bisa mempelajarinya melalui Youtube, postingan di LinkedIn, Google, buku, e-book, media sosial, hingga webinar atau seminar. 

Banyak ahli SEO atau praktisi SEO yang sering mengadakan seminar atau webinar. Agar ilmu mengenai SEO semakin bertambah, jangan ragu untuk mengikuti berbagai acara tersebut. 

Selain mengenai SEO, ada juga beberapa hal teknikal blog yang perlu kamu perhatikan. Misalnya penggunaan HTML dan CSS. Menguasai keduanya akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari blog Anda. 

8. Daftarkan blog Anda ke Google AdSense 

Cara menjadi blogger selanjutnya adalah dengan mendaftarkan blog Anda ke Google AdSense. Ini adalah langkah  penting untuk mulai mendapatkan penghasilan. Google AdSense  membayar Anda berdasarkan tayangan iklan di blog Anda. Tentu saja, iklan yang Anda lihat akan bergantung pada niche blog yang Anda pilih. 

Anda harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mendaftar Google AdSense. 

  • Konten yang original, unik dan menarik 
  • Konten yang dibuat harus mematuhi pedoman program Google AdSense 
  • Pemilik blog harus berusia minimal 18 tahun. Jika Anda berusia di bawah 18 tahun, Anda dapat menghubungi orang tua atau wali Anda untuk mendaftar. 

Setelah Anda memenuhi berbagai kriteria tersebut, Anda bisa segera mendaftarkan blog Anda ke program Google AdSense.

9. Bergabunglah dengan komunitas blogger dan perluas jaringan Anda 

Sebagai seorang blogger, penting untuk menjaga hubungan dengan blogger lain. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu bergabung dengan komunitas blogger. Melalui komunitas ini, Anda bisa mendapatkan informasi dan tips  bermanfaat dari blogger lain. 

Anda juga dapat membaginya dengan  blogger lain. Jadi jika ada permasalahan, kamu bisa meminta bantuan atau pendapat mereka. Di Indonesia kamu bisa menemukan banyak sekali komunitas blogger. 

Kamu bisa mencarinya melalui LinkedIn, Google, Telegram, Group WhatsApp, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. 

10. Bangun Interaksi dan Komunikasi dengan Pembaca 

Cara menjadi seorang blogger sukses yang tidak kalah penting adalah membangun interaksi dan kedekatan dengan pembaca. Buat konten yang tidak hanya berkualitas tinggi, tetapi juga menimbulkan keterlibatan dengan pengguna Anda. 

Dalam hal ini, komentar dapat digunakan sebagai sarana interaksi. Jangan lupa  untuk menanggapi komentar tersebut dengan baik. Ini membantu pembaca  merasa terhubung dengan kami, penulis. 

11. Beriklan di media sosial 

Terakhir, Anda bisa menjadi seorang blogger dengan mempromosikan blog Anda di media sosial. Seperti yang Anda ketahui, media sosial saat ini mempunyai kekuatan yang  besar sebagai media periklanan. 

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan kekuatan ini untuk mempromosikan blog Anda. Tujuan Anda adalah mendapatkan lebih banyak pengunjung ke blog Anda. Oleh karena itu, Anda tidak hanya membutuhkan SEO saja, tetapi  juga kombinasi dengan media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak sehingga  bisa dimanfaatkan untuk mencari pengunjung. Media sosial yang bisa Anda gunakan antara lain TikTok, Facebook, Twitter,  dan Instagram. 

Kuncinya adalah membuat konten yang menarik perhatian pengguna di media sosial. Ini akan memungkinkan pengguna untuk terus mengakses blog Anda.