Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Blog : Jenis, Fungsi dan Strukturnya

Gurubantu.com, Blog : Jenis, Fungsi dan Strukturnya. Apakah Anda salah satu dari jutaan  pengguna blog? Atau Anda masih membaca blog untuk mencari informasi? Dengan kata lain, blog adalah situs online yang dapat menampung kumpulan konten. 

Jadi yang terpenting konten  blog selalu dalam bentuk tulisan. Tulisan ini bisa bermacam-macam bentuknya, antara lain cerita, opini, informasi, bahkan karya tulis lainnya. Orang yang berlangganan blog adalah penulis konten yang bekerja sebagai freelancer atau penuh waktu. Genre konten yang ditulis berbeda-beda tergantung  tema blog. 

Misalnya saja blog  kecantikan. Tentu saja sebagian besar artikelnya membahas tentang kesehatan dan kecantikan. Gaya hidup seorang wanita juga mencakup bagaimana seorang wanita merawat dirinya dan menjadikan dirinya cantik. 

Apa Itu Blog? 

Blog berasal dari singkatan “Weblog” dan mengacu pada jenis situs web di mana teks ditulis pada halaman web. Susunannya biasanya dalam urutan kronologis postingan yang diunggah ke situs. 

Menurut Wikipedia, blog adalah weblog, suatu bentuk aplikasi web tekstual pada sebuah situs web. Postingan blog selalu diurutkan dari yang terbaru hingga terlama. Menurut Website Hub, untuk membantu Anda memahami blogging, yang dimaksud bukan hanya sekedar buku harian atau jurnal online di sebuah website. Konten  blog mencakup teks, gambar, video, atau bentuk konten lainnya. 

Sedangkan menurut First Site Guide, blog adalah situs informasi berbentuk jurnal online yang menyampaikan informasi secara kronologis. Artinya postingan terbaru akan muncul di bagian atas website. 

Oleh karena itu dari keempat pengertian blog kita dapat menyimpulkan bahwa blog adalah jurnal online berbentuk website yang menampilkan informasi paling atas secara kronologis dengan  postingan terbaru. 

Jenis - Jenis Blog 

Dalam dunia blog, blog sendiri mempunyai jenisnya masing-masing tergantung tujuan pembuatannya. Oleh karena itu, ada jenis blog tertentu yang harus Anda ketahui untuk menentukan arah perjalanan blogging Anda.

1. Personal Blog atau blog pribadi 

Ketika blog muncul pada akhir tahun 1990-an, jenis blog yang pertama  adalah blog pribadi. Blog pribadi  adalah catatan harian online di situs web yang berisi konten harian untuk berbagi momen berbeda. 

Biasanya ini adalah momen di mana Anda berbagi pengalaman, pemikiran, atau emosi yang berkaitan dengan hal tersebut kepada pembaca. Untuk blog pribadi, tidak ada aturan khusus yang harus dipatuhi pemiliknya. Hal ini karena blog pribadi adalah halaman publik dari buku harian online penulis, dan  hanya  metode HTML sederhana yang digunakan untuk pengolah kata dan penerbitan. 

2. Business Blog atau Blog Bisnis 

Blog jenis ini jelas ditujukan bagi orang-orang yang ingin membuat blog untuk bisnisnya. Dengan membuat blog bisnis, Anda berharap dapat meningkatkan eksposur perusahaan Anda dan meningkatkan lalu lintas pelanggan. Buat website dengan hosting murah 

Oleh karena itu, blog bisnis  memberikan dampak positif terhadap bisnis yang Anda kembangkan. Pembuatan konten biasanya berfokus pada topik yang menarik pelanggan tergantung pada bisnis Anda.

3. Blog Profesional 

Blog profesional adalah blog otoritatif yang dibuat oleh individu atau sekelompok orang  untuk berbagi ide dan konten terkait keahliannya. 

Berbeda  dengan blog pribadi yang tidak memiliki aturan baku, blog profesional biasanya  menjadi acuan kebijakan dan penelitian pribadi. Oleh karena itu, kontennya difokuskan pada topik dengan keahlian tertentu. 

4. Niche Blog atau Blog Khusus 

Sama seperti blog profesional, blog khusus adalah blog yang membahas topik yang sangat spesifik. Misalnya blog makanan yang memposting segala hal tentang makanan. 

Blog khusus ini memungkinkan pembaca untuk fokus  mencari informasi yang relevan. Konten lebih mudah diidentifikasi, sehingga Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk  mencari informasi.  

5. Blog Afiliasi 

Blog afiliasi adalah blog yang berisi konten yang menyertakan link yang mengarahkan pembaca ke blog lain yang menjual produk tertentu. Biasanya tujuan membuat blog adalah untuk mempromosikan suatu produk melalui soft sales. 

Melalui  konten berupa tulisan dan publikasi di blog. Namun aktivitas transaksi penjualan produk hanya dapat dilakukan di blog pihak ketiga.  

6. Guest Blog

Guest Blog adalah blog yang berisi konten yang ditulis oleh penulis tamu yang ahli di bidangnya. Berbeda dengan mempekerjakan seorang penulis. Itu karena penulis  blog tamu sudah memiliki pengikut sendiri yang bisa mereka tambahkan ke audiensnya. 

Oleh karena itu, pemilik  blog tamu bebas  mengelola dan mempromosikan blognya di luar keahlian pemilik blog. Pemilik blog boleh membuat konten, namun pemilik blog adalah penulis utamanya

7. Blog Podcast 

Blog podcast adalah blog dengan liputan podcast yang tertanam. Podcast biasanya berbentuk audio atau video dari platform apapun. 

Jenis blog ini mencakup audio dan video, serta deskripsi, ringkasan, dan  konten undangan. Oleh karena itu sangat cocok  sebagai media periklanan konten video dan audio.

Fitur blog  

Blog memiliki banyak fitur. Pada dasarnya fungsi blog adalah menyampaikan ide dan pemikiran sebagai media menulis. Namun, masih  banyak fitur blogging lain yang perlu Anda ketahui.

Berikut adalah beberapa fitur blog. 

1. Media Tulisan 

Media Tulis ditujukan bagi para penulis yang ingin menyampaikan pemikiran dan gagasannya dalam bentuk tulisan. Menulis di blog tidak hanya sekedar menyampaikan ide, tapi juga menekuni hobi. 

Misalnya saja jika Anda tertarik dengan teknologi, Anda bisa membuat blog tentang teknologi, seperti mengulas perangkat teknologi  atau berbagi ide terkini di bidang teknologi. 

2. Mendapatkan Penghasilan 

Tidak dapat disangkal bahwa tujuan membuat blog adalah untuk mendapatkan uang. Dengan blog, Anda bisa mendapatkan uang dengan menggabungkan keterampilan menulis Anda. 

Alternatifnya, Anda dapat membuat blog sendiri dan mendapatkan uang dari Google Adsense. Karena blog yang sudah memiliki pembaca yang banyak, artikel yang banyak, dan kriteria khusus lainnya berpeluang mendapatkan uang dari Google.  blog WordPress 

Anda dapat mulai membuat blog dengan  memilih domain untuk ID blog Anda di bawah Verifikasi domain. Kemudian pilih hosting murah dan unlimited dari Hosting terpercaya anada yang sangat cocok untuk blogging, dan onlinekan domain Anda dalam waktu singkat. 

3. Portofolio Online 

Fitur blog selanjutnya adalah portofolio online. Ini berarti membuat blog profesional untuk membedakan diri Anda melalui karya Anda. 

 Blogger yang sudah memiliki tujuan membuat website portofolio memiliki beberapa atau banyak klien yang ingin membantu mereka mempromosikan keahliannya.

4. Tingkatkan Traffic ke Website Perusahaan Anda 

Fungsi blog selanjutnya adalah untuk meningkatkan traffic ke website perusahaan. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak sekitar tahun 2000an. Tahun ini, blog sudah memiliki kemampuan pemasaran yang luas. 

Tujuan spesifiknya adalah pemasaran digital dan pada akhirnya para pemasar digital  menyarankan  pemilik bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan trafik website bisnisnya masing-masing.  

Dengan cara ini, perusahaan  mendapatkan lebih banyak arahan dari blog yang dibaca audiensnya. Jadi ini jelas merupakan win-win solution bagi perusahaan dan pembaca yang menerima informasi tersebut.

Struktur Blog 

Sebuah blog memiliki area utama yang  dapat didesain ulang sesuai keinginan pribadi. Namun, ada struktur dan bagian umum yang perlu Anda ketahui saat membuat blog agar lebih mudah digunakan. 

Berikut adalah beberapa struktur blog  umum yang harus Anda miliki. 

#Header Blog

Header blog adalah bagian di bagian atas blog Anda. Peran header adalah menyampaikan informasi yang jelas tentang situs web Anda. Header biasanya menyertakan logo situs web Anda, judul atau informasi blog, navigasi, atau menu blog lainnya. 

Kehadiran header lebih menunjukkan identitas blog Anda. Ada juga peta situs yang menjelaskan konten inti blog. Oleh karena itu, kehadiran header sangat penting untuk meningkatkan performa blog Anda. 

#Navigasin Bar Blog 

Bilah navigasi blog di atas header adalah struktur yang dirancang untuk membantu pemilik blog mengelola blognya. Oleh karena itu, hanya akan terlihat jika pemilik blog mengunjunginya sendiri.  

#Main Blog 

Blog utama terletak di tengah-tengah blog. Struktur  blog utama ini nantinya akan berfungsi sebagai lokasi postingan blog atau konten buatan pemilik. Blog induk sendiri memiliki struktur seperti judul, tanggal, dan nama penulis. 

#Sidebar

Struktur blog  bisa diletakkan di sisi kiri atau kanan blog. Pasalnya, elemen sidebar blog merupakan tempat menampilkan postingan dan arsip populer. Ini berarti Anda dapat menambahkan  jam, kalender, dan widget lainnya ke sidebar Anda. 

#Footer 

Struktur blog umum lainnya adalah footer. Di akhir blog Anda akan menemukan informasi singkat tentang pemilik blog. Informasi pemilik, termasuk informasi hak cipta, informasi kontak sponsor, dan kredit  blog. 

Tak sedikit pula pemilik blog yang memanfaatkan footer sebagai tempat menampilkan widget. Oleh karena itu, struktur  blog tidak terstandar dan berbeda-beda untuk setiap pemilik blog.