Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Seni Budaya Kelas 1 SD-MI | Kurikulum Merdeka

ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) Kurikulum Merdeka. Sebelum mulai membuat ATP, penting bagi guru untuk terlebih dahulu memahami alur pembelajaran dan tujuan pembelajaran.

Dengan memahami alur pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP), guru dapat lebih memahami seperti apa urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum mandiri. 

Secara definisi, AP dapat diartikan sebagai seperangkat tujuan pembelajaran yang disusun dan direncanakan secara logis  dari awal hingga akhir fase pembelajaran. Susunan ini disusun secara sistematis untuk menilai keberhasilan belajar berdasarkan kegiatan belajar sehari-hari. 

AP berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar di akhir fase.

TP sendiri dapat diartikan sebagai ukuran kinerja siswa dalam tiga dimensi: keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang diperoleh dalam satu atau beberapa kegiatan pembelajaran. Magang ini didasarkan pada jam belajar dan merupakan prasyarat untuk studi yang berhasil.

Langkah Panduan Penyusunan ATP

Untuk membuat alur tujuan pembelajaran, ingatlah hal-hal berikut: 

  • Melakukan penilaian CP (learning outcomes) selama tahap pemetaan. 
  • Kenali kompetensi yang perlu dikuasai siswa pada tahap ini. 
  • Kembangkan tujuan pembelajaran Anda dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, apa yang akan Anda pelajari, dan berbagai keterampilan berpikir yang perlu Anda kembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran Anda. 
  • Identifikasi item dan/atau sub-item profil siswa Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah Anda tetapkan. 
  • Setelah  menetapkan tujuan belajar Anda, susun kegiatan belajar Anda untuk hari itu sesuai urutan penyelesaiannya.

ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

Agar pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) berhasil dilaksanakan di kelas dan di lapangan, guru Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) SD-MI mutlak membutuhkan arahan dan pengajaran untuk memastikan pembelajaran  sesuai dengan harapan. 

Oleh karena itu, malam ini pihak manajemen gurubantu.com telah membagikan ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2  sebagai pedoman pembuatan modul ajar. 

ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 memiliki fungsi yang sama dengan silabus Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) sebelumnya yaitu sebagai pedoman perencanaan pembelajaran. 

Dear guru-guru Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater), silahkan akses link download ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2. Untuk mendapatkan filenya,  kunjungi link download di bawah ini.

☑ Download ATP Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Tari, Seni Teater) kelas 1 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

  • Seni Budaya (Seni Musik) | Download
  • Seni Budaya (Seni Rupa) Download
  • Seni Budaya (Seni Tari) Download
  • Seni Budaya (Seni Teater) Download