Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PJOK Kelas 5 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK Kurikulum Merdeka. Sebelum mulai mengedit dan membuat ATP, penting bagi guru untuk memiliki pemahaman awal tentang alur pembelajaran dan  tujuan pembelajaran dalam kurikulum mereka sendiri.

Dengan  memahami  alur pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP), guru dapat lebih memahami seperti apa urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum mandiri.

Secara definisi, AP dapat diartikan sebagai susunan tujuan pembelajaran yang disusun dan direncanakan secara logis  dari awal hingga akhir tahap pembelajaran. Susunan ini disusun secara sistematis untuk menilai keberhasilan belajar berdasarkan kegiatan belajar sehari-hari.

AP berfungsi sebagai pedoman bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar di akhir fase.

TP sendiri dapat diartikan menggambarkan kinerja siswa dalam tiga dimensi: keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang diperoleh dalam satu atau beberapa kegiatan pembelajaran. Magang ini didasarkan pada jam belajar dan merupakan prasyarat untuk studi yang berhasil.

Pada Kurikulum Merdeka (Kurikulum Prototipe eks), ATP dan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) memiliki fungsi yang sama dengan RPP pada kurikulum terdahulu.

Langkah Panduan Penyusunan ATP

Untuk membuat alur tujuan pembelajaran, perhatikan hal - hal berikut: 

  1. Melakukan analisis CP (Learning Outcome) selama fase pemetaan. 
  2. Mengidentifikasi kompetensi yang perlu dikuasai siswa pada tahap ini. 
  3. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, konten yang akan dipelajari, dan berbagai keterampilan berpikir yang harus dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  4. Mengidentifikasi unsur dan/atau sub unsur profil siswa pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
  5. Setelah Anda menetapkan tujuan belajar Anda, susunlah sesuai urutan penyelesaian kegiatan belajar Anda untuk hari itu.

ATP PJOK Kelas 5 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

Bagi guru PJOK SD - MI untuk melaksanakan pembelajaran PJOK baik di kelas maupun di lapangan,  pasti membutuhkan pedoman atau tuntunan pembelajaran untuk memastikan pembelajaran yang dilakukannya sesuai dengan harapannya. 

Dalam kurikulum mandiri, panduan instruksional disebut modul ajar. Modul pengajaran ini dibuat dan dikembangkan oleh ATP dengan mempertimbangkan lingkungan belajar dan  potensi siswa. 

Untuk itu pengurus telah membagikan ATP PJOK Kelas 5 SD-MI Semester 1 dan 2 malam ini sebagai panduan pembuatan modul ajar. ATP PJOK Kelas 5 SD-MI Semester 1 dan 2  memiliki fungsi yang sama dengan silabus PJOK sebelumnya yaitu sebagai pedoman perencanaan pembelajaran. 

Dear guru PJOK, silahkan kunjungi link download ATP PJOK Kelas 5 SD-MI Semester 1 dan 2. Untuk mendapatkan filenya silahkan kunjungi Tautan unduhan yang ada di bawah!

☑ Download ATP PJOK Kelas 5 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK ATP PJOK Semester 1 dan 2 Kelas 5 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka