Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PJOK Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK Kurikulum Merdeka. Sebelum memulai menyusun dan membuat ATP, penting bagi guru untuk memahami terlebih dahulu tentang alur pembelajaran dan juga tujuan pembelajaran dalam kurikulum mandiri. 

Dengan guru memahami tentang alur pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP), guru dapat lebih memahami bagaimana urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum mandiri. 

Secara definisi AP dapat di artikan sebagai penempatan tujuan pembelajaran yang disusun secara logis dan terencana untuk tahapan pembelajaran dari awal sampai akhir. Susunan ini disusun secara sistematis untuk menilai keberhasilan belajar berdasarkan kegiatan belajar sehari-hari. 

AP berfungsi sebagai pedoman bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar di akhir fase.  

TP sendiri dapat di artikan sebagai uraian kinerja siswa dalam tiga dimensi: keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang diperoleh  dalam satu atau lebih kegiatan belajar. Magang ini didasarkan pada jam belajar dan merupakan prasyarat untuk studi yang berhasil. 

Dalam Krikulum Merdeka (dulu di namakan kurikulum prototype) ATP serta KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) memiliki fungsi yang sama dengan RPP pada kurikulum sebelumnya sebagai pedoman RPP.

Langkah Panduan Penyusunan ATP

Langkah-langkah dalam menyusun alur tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan analisis CP (Capaian Pembelajaran) pada fase yang akan dipetakan.
  2. Mengidentifikasi kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik pada fase tersebut.
  3. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, konten yang akan dipelajari, dan variasi keterampilan berpikir yang perlu dikuasai oleh peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  4. Mengidentifikasi elemen dan/atau sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
  5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, menyusun tujuan pembelajaran secara berurutan sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

ATP PJOK Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

Untuk guru - guru PJOK Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtida'iyah, tentunya untuk melaksanakan pembelajaran PJOK baik di kelas maupun di lapangan, anda pasti memerlukan pedoman atau panduan pembelaran supaya pembelajaran yang anda lakukan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Dalam kurikulum merdeka panduan mengajar di sebut dengan Modul Ajar. Modul ajar ini di buat dan di kembangkan dari ATP dengan memperhatikan lingkungan belajar dan juga potensi siswa.

Oleh karena-nya, admin malam hari ini bagikan ATP PJOK Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, buat di jadikan pedoman dalam pembuatan modul ajar. ATP PJOK Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka memiliki fungsi yang sama dengan silabus PJOK sebelumnya sebagai panduan perencanaan pembelajaran.

Bapak - ibu guru PJOK, silahkan akses link download ATP PJOK Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka untuk mendapatkan filenya. Link downloadnya ada bawah ya!.

☑ Download ATP PJOK Kelas 4 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK ATP PJOK Semester 1 dan 2 Kelas 4 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka