Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PPKn Kelas 6 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

Gurubantu.com, ATP PPKn Kelas 6 SD-MI. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang disusun secara terstruktur dan terukur dapat membimbing guru dan murid dalam mencapai hasil pembelajaran pada akhir setiap fase.

Setiap institusi pendidikan dan pengajar memiliki ATP dan Modul Ajar yang berbeda-beda. Pada kurikulum Merdeka, ATP sama dengan Silabus pada Kurikulum 2013. Guru dapat menyusun urutan pembelajaran masing-masing yang terdiri dari maksud pembelajaran yang disusun kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Penyusunan ATP sangat berguna dalam membimbing pengajar dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara menyeluruh sehingga hasil pembelajaran dapat diperoleh secara terstruktur, konsisten, terarah, dan terukur.

Menggunakan kata kerja operasional dalam rumusan ATP memudahkan pengajar dalam mengidentifikasi indikator, kegiatan, atau aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran, baik itu formatif maupun sumatif.

Prinsip Penyusunan ATP

Sederhana & Informatif

Menggunakan kata-kata umum memudahkan penulis atau pembaca untuk memahami tujuan pembelajaran tanpa kebingungan atau interpretasi yang berbeda. Namun, jika menggunakan kata-kata khusus, penulis harus memberikan penjelasan yang cukup melalui daftar istilah (Glosarium).

Essensial & Kontekstual

Rencana pembelajaran mencakup aspek penting seperti keterampilan, pengetahuan, dan hasil pembelajaran. Selain itu, juga mempertimbangkan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata, melibatkan aktivitas yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.

Berkesinambungan

Setiap tahap dan tujuan pembelajaran saling terhubung dan merupakan langkah-langkah yang berurutan, terstruktur, dan berjenjang untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam setiap mata pelajaran.

Optimalisasi 3 aspek kompetensi

Maksimalkan tiga aspek kemampuan yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan tindakan dengan menggunakan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan) serta dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif). Peningkatan juga dilakukan dalam pengembangan kecakapan hidup (kritikal, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif) serta dalam beriman, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, berpikir kritis, dan mandiri.

Merdeka Belajar

Prinsip utama dalam penyusunan ATP adalah memahami prinsip kemerdekaan belajar, yang mencakup:

  1. Membimbing siswa untuk berpikir dan bertindak secara mandiri dalam lingkungan akademik dan bertanggung jawab secara moral.
  2. Mendorong dan memotivasi kreativitas siswa dengan memperhatikan keunikan individu mereka seperti kecepatan belajar, gaya dan minat.
  3. Meningkatkan peran dan kemampuan pengajar dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Operasional & Aplikatif

Rumusan ATP menggambarkan dan menjelaskan proses pembelajaran dan evaluasi secara menyeluruh yang dapat digunakan sebagai panduan untuk merancang modul pembelajaran.

Adaptif & Fleksibel

ATP disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, siswa, dan lembaga pendidikan serta mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antara mata pelajaran dan lingkup pembelajaran, yaitu intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler.

ATP PPKn Kelas 6 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dear Guru Indonesia,...

Dalam artikel dari situs Gurubantu.com ini, kami sebagai pengelola ingin berbagi beberapa bagian dari fasilitas pengajaran kurikulum merdeka. Kami menawarkan ATP PPKn Kelas 6 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka kepada pengunjung situs Gurubantu.com.

Untuk memudahkan akses informasi bagi pengunjung situs Gurubantu.com, kami menyediakan ATP PPKn Kelas 6 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang dapat diunduh melalui tautan unduh yang tersedia di bawah ini.

⏭Download ATP PPKn Kelas 6 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PPKn ATP PPKn Semester 1 dan 2 Kelas 6 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka