Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PPKn Kelas 4 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

Gurubantu.com, ATP PPKn Kelas 4 SD-MI. Tujuan Pembelajaran yang terstruktur dan terukur diatur dalam rangkaian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk membimbing pengajar dan siswa dalam mencapai hasil pembelajaran di akhir setiap tahap atau fase.

Setiap lembaga pendidikan dan pengajar memiliki ATP dan Modul Ajar yang berbeda. ATP pada kurikulum Merdeka sama dengan Silabus pada Kurikulum 2013. Pengajar dapat menyusun alur pembelajaran masing-masing yang terdiri dari tujuan pembelajaran yang disusun kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran bermanfaat dalam membimbing pengajar dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran secara menyeluruh sehingga hasil pembelajaran dapat diperoleh secara terstruktur, konsisten, terarah, dan terukur.

Menggunakan kata kerja operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran memudahkan pengajar dalam mengidentifikasi indikator, kegiatan, atau aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran, baik itu formatif maupun sumatif.

Prinsip Penyusunan ATP

Sederhana & Informatif

Menggunakan istilah umum mempermudah penulis atau pembaca dalam memahami tujuan pembelajaran tanpa adanya kebingungan atau interpretasi yang berbeda. Namun, jika menggunakan istilah khusus, penulis harus memberikan penjelasan yang cukup melalui glosarium.

Essensial & Kontekstual

Rencana pembelajaran mencakup aspek penting seperti kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran. Selain itu, juga mempertimbangkan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari atau dunia nyata, melibatkan aktivitas yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.

Berkesinambungan

Setiap tahap dan sasaran pembelajaran saling terhubung dan merupakan langkah-langkah yang berurutan, terstruktur, dan berjenjang untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan dalam setiap mata pelajaran.

Optimalisasi 3 aspek kompetensi

Maksimalkan tiga aspek kemampuan yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan tindakan dengan menggunakan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan) serta dimensi pengetahuan (faktual-konseptual-prosedural-metakognitif). Optimalisasi juga dilakukan dalam pengembangan kecakapan hidup (kritikal, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif) serta dalam beriman, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, berpikir kritis, dan mandiri.

Merdeka Belajar

Prinsip utama dalam penyusunan ATP adalah memahami konsep merdeka belajar, yang meliputi:

  1. Mengajarkan siswa untuk berpikir dan bertindak secara mandiri dalam konteks akademik serta bertanggung jawab secara moral.
  2. Mendorong dan menginspirasi kreativitas siswa dengan mempertimbangkan keunikan individual mereka, seperti kecepatan belajar, gaya dan minat.
  3. Mengoptimalkan peran dan kemampuan pengajar dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Operasional & Aplikatif

Rumusan ATP memvisualisasikan dan menggambarkan proses pembelajaran dan evaluasi secara keseluruhan yang dapat digunakan sebagai acuan terlaksana dan terapan untuk merancang modul pembelajaran.

Adaptif & Fleksibel

ATP disesuaikan dengan ciri-ciri mata pelajaran, murid, dan lembaga pendidikan serta mempertimbangkan pembagian waktu dan relevansi antar mata pelajaran dan cakupan pembelajaran, yakni intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler.

ATP PPKn Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Pengunjung Gurubantu,...

Dalam artikel dari situs gurubantu.com ini, kami selaku pengelola ingin membagikan beberapa bagian dari sarana pengajaran kurikulum merdeka. Yang kami sediakan untuk para pengunjung situs gurubantu.com adalah ATP PPKn Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.

Untuk memudahkan akses informasi bagi pengunjung situs gurubantu.com, kami menyediakan ATP PPKn Kelas 4 SD-MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka yang dapat diunduh melalui tautan unduh yang tersedia di bawah ini.

⏭Download ATP PPKn Kelas 4 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PPKn ATP PPKn Semester 1 dan 2 Kelas 4 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka