Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PJOK Kelas 2 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK. Sebelum memulai pengembangan ATP, penting untuk memahami urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Guru dapat memahami lebih lanjut urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum merdeka dengan memahami alur pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP).

AP adalah susunan tujuan pembelajaran yang terstruktur dan terencana secara logis dalam tahapan pembelajaran dari awal hingga akhir. Susunan ini disusun dengan sistematis untuk mengevaluasi keberhasilan belajar sesuai dengan kegiatan belajar sehari-hari. AP berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar pada akhir fase.

TP adalah rincian kinerja dalam tiga dimensi: keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan belajar. Penempatan ini didasarkan pada waktu pembelajaran, yang merupakan prasyarat untuk keberhasilan pembelajaran.

ATP & KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) memiliki fungsi yang sama dengan silabus pembelajaran di kurikulum sebelumnya, yaitu sebagai panduan perencanaan pembelajaran.

Langkah Penyusunan ATP

Ada tujuh langkah yang harus Anda ikuti saat mengembangkan ATP:

  1. Evaluasi kemampuan belajar, termasuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap tentang materi dan kompetensi siswa.
  2. Mengidentifikasi kompetensi inti yang perlu dikuasai oleh siswa pada akhir tahap dan pra-keterampilan yang perlu dikuasai sebelum mereka dapat menguasai keterampilan pada akhir tahap.
  3. Menganalisis unsur dan sub unsur karakteristik siswa Pancasila yang terkait dengan mata pelajaran dan keterampilan belajar pada tahap ini. Enam dimensi: agama, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, kemandirian, gotong royong, keragaman global, berpikir kritis dan kreativitas.
  4. Pada akhir fase, mengembangkan tujuan pembelajaran berdasarkan identifikasi kompetensi inti. Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan keterampilan yang akan dicapai, pemahaman yang akan dipahami, dan berbagai keterampilan berpikir yang harus dimiliki siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Setelah tujuan pembelajaran disusun, kemudian tujuan pembelajaran diurutkan sesuai urutan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan setiap harinya.
  6. Menentukan cakupan dan materi inti untuk setiap tujuan pembelajaran. Setiap Tujuan Pembelajaran dapat memiliki beberapa rentang materi dan materi inti.
  7. Berdasarkan susunan tujuan pembelajaran (TP), menentukan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran (TP). Misalnya, diperlukan waktu 40 menit untuk mempelajari keterampilan pengetahuan, 120 menit untuk mempelajari keterampilan, dan 40 menit untuk mempelajari sikap.

ATP PJOK Kelas 2 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

ATP PJOK Kelas 2 SD-MI Semester 1 dan 2 adalah materi pengajaran terkini yang saya bagikan. ATP PJOK ini telah melalui tahap perbaikan untuk memenuhi keperluan guru dan murid.

Jika Anda ingin mengunduh Kurikulum Merdeka ATP Kelas 2 SD-MI Semester 1-2 PJOK, silakan gunakan tautan unduh di bagian bawah artikel ini.

Mohon diperhatikan bahwa file ini tersedia dalam format RAR. Oleh karena itu, Anda perlu mengunduh ATP PJOK Kelas 2 SD-MI Semester 1-2. Harap ekstrak ATP ini sebelum menggunakannya.

☑ Download ATP PJOK Kelas 2 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK ATP PJOK Semester 1 dan 2 Kelas 2 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka