Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PJOK Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK. Sebelum mulai mengembangkan ATP kurikulum merdeka, penting untuk memahami urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Guru dapat lebih memahami urutan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dalam kurikulum mandiri ditinjau dari alur pembelajaran (AP) dan tujuan pembelajaran (TP).  

AP adalah susunan tujuan pembelajaran yang  terstruktur dan terencana secara logis dalam tahapan pembelajaran  dari awal sampai akhir. Susunan tersebut disusun secara sistematis untuk menilai keberhasilan belajar sesuai dengan kegiatan belajar sehari-hari. AP berfungsi sebagai panduan  bagi guru dan siswa untuk mencapai hasil belajar di akhir fase. 

TP adalah perincian kinerja dalam tiga dimensi: keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan belajar. Penempatan ini didasarkan pada waktu pembelajaran, yang merupakan prasyarat untuk keberhasilan pembelajaran. 

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) & ATP memiliki fungsi yang sama dengan silabus pembelajaran, yaitu sebagai pedoman perencanaan pembelajaran.

Langkah Penyusunan ATP

Ada tujuh langkah yang harus Anda ikuti saat mengembangkan ATP: 

  1. Penilaian kemampuan belajar, meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap tentang materi dan kompetensi siswa.  
  2. Mengidentifikasi kompetensi inti yang perlu dikuasai  siswa pada akhir tahap dan pra-keterampilan yang perlu dikuasai sebelum mereka dapat menguasai keterampilan pada akhir tahap. 
  3. Menganalisis unsur dan sub unsur karakteristik siswa Pancasila yang berkaitan dengan mata pelajaran dan keterampilan belajar pada tahap ini. Enam dimensi: religi, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, kemandirian, gotong royong, keragaman global, berpikir kritis dan kreativitas. 
  4. Di akhir fase, kembangkan tujuan pembelajaran berdasarkan identifikasi kompetensi inti. Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan keterampilan yang akan dicapai, pemahaman yang akan dipahami, dan berbagai keterampilan berpikir yang harus dimiliki siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. 
  5. Setelah tujuan pembelajaran disusun, maka tujuan pembelajaran diurutkan sesuai  urutan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan setiap harinya. 
  6. Menentukan ruang lingkup  dan materi inti untuk setiap tujuan pembelajaran. Setiap Tujuan Pembelajaran dapat memiliki beberapa rentang materi dan materi inti. 
  7. Berdasarkan susunan tujuan pembelajaran (TP), tentukan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran (TP). Misalnya, diperlukan waktu 40 menit untuk mempelajari keterampilan pengetahuan, 120 menit untuk mempelajari keterampilan, dan  40 menit untuk mempelajari sikap.

ATP PJOK Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

ATP PJOK Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 adalah file bahan ajar terbaru yang saya bagikan. ATP PJOK ini telah mengalami tahap revisi untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa. 

Jika Anda ingin mengunduh Kurikulum Merdeka ATP  Kelas 1 SD-MI Semester 1-2 PJOK, silakan gunakan tautan unduhan di bagian  bawah artikel ini. 

Harap dicatat bahwa file ini tersedia dalam format RAR. Oleh karena itu, Anda perlu mengunduh ATP PJOK Kelas 1 SD-MI Semester 1-2. Harap ekstrak ATP ini sebelum  menggunakannya.

☑ Download ATP PJOK Kelas 1 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP PJOK ATP PJOK Semester 1 dan 2 Kelas 1 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka