Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Matematika Kelas 6 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

ATP Matematika SD. Kurikulum Merdeka (sebelumnya Kurikulum Prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel yang didasarkan pada proses peningkatan pembelajaran dan berfokus secara bersamaan  pada konten inti dan pengembangan kepribadian dan keterampilan siswa.

Fitur utama dari kurikulum independen yang mendukung peningkatan pembelajaran adalah: 

  • Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan keterampilan  dan kepribadian yang fleksibel sesuai dengan profil Pancasila. 
  • Fokus pada konten inti dan sisihkan waktu untuk mempelajari keterampilan dasar secara mendalam seperti membaca, menulis, dan matematika.
  • Fleksibilitas bagi guru untuk menyediakan konten pembelajaran yang berbeda sesuai dengan kemampuan siswa dan menyesuaikan dengan kondisi dan konten lokal.  Prinsip Pembelajaran Kurikulum Unik 

 Kurikulum Merdeka mencakup tiga jenis kegiatan pembelajaran. 

  • Pembelajaran di sekolah dilakukan dengan berbagai cara untuk memastikan bahwa siswa memiliki waktu yang cukup untuk memahami konsep dan memperkuat kompetensinya. Hal ini memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswanya. 
  • Pembelajaran in-kurikuler berupa proyek peningkatan profil Pancasila dengan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran interdisipliner, dengan fokus pada pembentukan karakter dan pengembangan secara umum.  
  • Kegiatan ekstrakurikuler didasarkan pada minat siswa dan sumber daya sekolah.

Komponen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Administrator lansir dari situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa ATP digambarkan sebagai seperangkat tujuan pembelajaran yang ditempatkan secara teratur dan logis dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa mencapai hasil pembelajaran, saya mengutip.

ATP memiliki komponen dasar yang harus ada, antara lain:

① Informasi Umum

    ⑴ Sekolah
    ⑵ Mata Pelajaran
    ⑶ Tahap / Fase
    ⑷ Kelas
    ⑸ Guru
    ⑹ Alokasi Waktu
    ⑺ Tahun Pelajaran

 Rasional

 Pencapaian Pembelajaran

    ⑴ Alur Tujuan Pembelajaran
    ⑵ Konsep Inti
    ⑶ Alokasi Waktu
    ⑷ Profil Pelajar Pancasila
    ⑸ Glosarium

ATP Matematika Kelas 6 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

ATP Matematika Semester 1 & 2 Kelas 6 SD-MI adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang dapat di gunakan siswa dan juga guru dan tentunya bisa diunduh di blog gurubantu.com. 

ATP Matematika Semester 1 dan 2 Kelas 6 SD-MI Kurikulum Merdeka sebenarnya memiliki fitur yang sama dengan silabus sebelumnya di K13. ATP  Kelas 6 Matematika SD-MI Semester 1 dan 2 link downloadnya di bawah ini.

☑ Download ATP Matematika Kelas 6 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP Matematika ATP Matematika Semester 1 dan 2 Kelas 6 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka