Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Inggris. Sebelum memulai penyusunan dan pembuatan ATP Kurikulum Merdeka, penting untuk memahami urutan belajar dan sasaran pembelajaran, yang dalam kurikulum merdeka bapak ibu guru lebih mengenalnya dengan istilah Alur Pembelajaran (AP) dan Tujuan Pembelajaran (TP).

Alur Pembelajaran merupakan rangkaian sasaran pembelajaran yang telah direncanakan dengan terstruktur dan logis dalam satu tahap pembelajaran mulai dari awal sampai akhir. Rangkaian ini diatur secara teratur dan mengikuti kegiatan pembelajaran sehari-hari untuk mengevaluasi Capaian Pembelajaran. Alur Pembelajaran berfungsi sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam mencapai capaian pembelajaran pada akhir tahap tersebut.

Tujuan Pembelajaran adalah penjabaran dari pencapaian tiga aspek keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang didapatkan siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Rangkaian ini diatur secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju capaian pembelajaran.

Kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) dan ATP memiliki fungsi yang serupa dengan silabus, yaitu sebagai acuan dalam merencanakan pembelajaran.

Langkah Penyusunan ATP

Dalam menyusun ATP, ada tujuh langkah yang harus diikuti:

  1. Mengevaluasi kemampuan belajar, termasuk materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2. Mengidentifikasi kemampuan inti yang harus dikuasai oleh peserta didik pada akhir fase, serta kemampuan sebelumnya yang perlu dikuasai sebelum mencapai kemampuan di akhir fase.
  3. Menganalisis unsur dan sub-unsur Karakteristik Siswa Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Kemampuan Pembelajaran pada fase tersebut. Terdapat enam dimensi, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan identifikasi kemampuan inti di akhir fase. Tujuan pembelajaran harus mempertimbangkan kemampuan yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami, dan variasi keterampilan berpikir yang perlu dikuasai oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Menyusun tujuan pembelajaran secara berurutan sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari setelah tujuan pembelajaran dirumuskan.
  6. Menentukan cakupan materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran. Setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu cakupan materi dan juga materi utama.
  7. Menentukan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran (TP) berdasarkan perumusan TP. Sebagai contoh, untuk mencapai suatu kemampuan pengetahuan memerlukan waktu 40 menit, keterampilan memerlukan waktu 120 menit, dan sikap memerlukan waktu 40 menit.

ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Dari Gurubantu.com,...

ATP Bahasa Inggris Kelas 1 Sekolah Dasar-Madrasah Ibtidaiyah Semester 1 dan 2 yang dipersembahkan oleh penulis di artikel ini telah diadaptasi dengan kurikulum terkini dan kondisi siswa.

Jika Anda ingin mengunduh ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1-2 Kurikulum Merdeka, silakan gunakan tautan unduh yang tersedia di akhir artikel ini.

Harap diperhatikan bahwa kami membagikannya dalam format RAR, sehingga Anda perlu mengekstrak ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

☑ Download ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Inggris ATP Bahasa Inggris Semester 1 dan 2 Kelas 1 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka