Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

Gurubantu.com, Bahasa Indonesia Kelas 5 SD-MI. ATP adalah jaringan tujuan pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir dalam proses belajar mengajar. ATP berfungsi sebagai panduan bagi pendidik dan siswa untuk mencapai hasil belajar di akhir setiap level. 

Setiap institusi  dan setiap pendidik memiliki ATP dan modul pengajaran yang berbeda. Alur tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka sama dengan silabus 2013. Pendidik dapat merancang urutan pembelajaran individual yang terdiri dari kronologis tujuan pembelajaran  berdasarkan urutan pembelajaran pada saat itu. 

Persiapan ATP membantu membimbing pendidik saat mereka merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran secara keseluruhan, membantu mereka mencapai hasil pembelajaran  dengan cara yang terstruktur, konsisten, terarah, dan terukur. . 

Penggunaan kata kerja operasional dalam menyusun tujuan pembelajaran membantu pendidik  mengidentifikasi indikator, kegiatan, kegiatan pembelajaran, dan bentuk penilaian pembelajaran formatif dan sumatif yang berkaitan dengan pemilihan materi. 

Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Sederhana & Informatif

Menggunakan kata-kata umum membantu penulis dan pembaca  memahami tujuan penulisan tanpa kebingungan atau interpretasi ganda. Namun, jika Anda perlu menggunakan terminologi khusus, Anda harus menggunakan glosarium untuk menjelaskannya.

Esensial & Kontekstual

Rencana kegiatan pembelajaran mencakup topik pembelajaran utama seperti keterampilan, materi, dan tujuan pembelajaran. Selain itu, perlu juga di pertimbangkan pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan dunia nyata serta melibatkan aktivitas yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.

Berkesinambungan

Setiap langkah dalam mencapai hasil belajar siswa untuk setiap mata pelajaran saling terkait dan membutuhkan prosedur langkah demi langkah yang sistematis. 

Pengoptimalan 3 aspek kompetensi

ATP mengoptimalkan berdasarkan tiga dimensi kompetensi: pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Itu terjadi melalui langkah-langkah kognitif seperti mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta, dan aspek pengetahuan seperti faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi. Selain itu, keterampilan hidup seperti keterampilan kritis, kreatif, komunikatif dan kooperatif, serta pengembangan iman, keragaman global, gotong royong, berpikir kreatif dan kritis serta kemandirian semakin meningkat. 

Merdeka Belajar

Prinsip mendasar dalam mempersiapkan ATP adalah memahami konsep belajar mandiri. Dalam hal ini, penting untuk mendorong siswa  berpikir dan bertindak secara mandiri dalam konteks ilmiah dan  bertanggung jawab secara moral. Selain itu, perhatian harus diberikan pada kepribadian siswa, seperti kecepatan belajar, gaya belajar, dan minat, serta motivasi siswa untuk berkreasi juga harus diperhatikan. Penguatan peran dan kompetensi guru juga harus diperhatikan saat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.

Operasional & Aplikatif

Dalam praktiknya, ATP perlu Aplikatif dan operasional sehingga dapat berfungsi sebagai titik referensi praktis dalam desain modul pembelajaran terbimbing. 

 Adaptif & Fleksibel

ATP seharusnya tidak hanya praktis dan fungsional, tetapi juga dapat beradaptasi dan fleksibel. Selain itu, ATP harus disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, peserta didik dan satuan pendidikan. Waktu dan relevansi pemetaan antara mata pelajaran dan bidang studi juga harus diperhatikan, baik  dalam mata pelajaran, ekstrakurikuler, dan kurikulum.

ATP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD-MI Semester 1 dan 2 | Kurikulum Merdeka

Hai gurubantu.com...!!! 

Di awal konferensi tahun baru ini, kami tim gurubantu.com ingin memperkenalkan ATP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD-MI Kurikulum Merdeka. 

Tentunya ATP Bahasa Indonesia yang kami sediakan dapat diunduh melalui link download yang telah disediakan.

Yakinlah bahwa semua materi yang kami sediakan gratis. Jika Anda pengunjung gurubantu.com dan ingin mengunduh ATP Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka, silakan unduh sekarang dari tautan ini. 

Download ATP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD-MI Semester 1-2 | Kurikulum Merdeka

ATP Bahasa Indonesia ATP Bahasa Indonesia Semester 1 dan 2 Kelas 5 SD-MI | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka