Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar PAI & BP Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Tahun 2023/2024

Download Modul Ajar PAI & BP Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Pendidikan agama Islam merupakan upaya untuk membimbing dan membina peserta didik agar kelak  dapat memahami dan mengamalkan ajaran  Islam setelah menempuh pendidikan dan menjadikannya gaya hidup. 

Pendidikan agama Islam adalah usaha mendidik, membimbing dan mengasuh anak, dan diharapkan setelah pendidikan mereka memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam sebagai pedoman dan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan di dunia serta di akherat. 

Cita-cita Islam mencerminkan nilai-nilai normatif  Tuhan yang bersifat abadi dan mutlak. Dalam prakteknya tidak mengikuti perubahan selera sendiri dan selera budaya manusia. Nilai-nilai Islami seperti itu tumbuh dalam diri seseorang melalui proses pendidikan yang transformatif. 

Proses pendidikan yang mengubah (memodifikasi) nilai-nilai tersebut selalu diarahkan pada kekuasaan Allah dan Iradat-Nya  yang menentukan keberhasilannya. Kemajuan peradaban manusia yang meliputi kehidupannya, bagi manusia yang berkepribadian Islam, hasil proses pendidikan Islam  tetap berada dalam lingkaran hubungan vertikal dengan tuhannya serta hubungan horizontal dengan manusia lainnya

Proses pendidikan agama islam di sekolah khususnya di SMP-MTs baik itu kelas 7, 8 dan 9 bertujuan untuk mendidik, membimbing serta membina siswa supaya bisa memahami serta menghayati nilai - nilai yang terkandung dalam agama islam dan mengamalkanya di kehidupan sehari - harinya.

Untuk menerapkan proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru, supaya pembelajaran PAI & BP terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran maka di perlukan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran guru di kurikulum merdeka dapat berupa ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) ataupun MA (Modul Ajar).

ATP adalah konsep dasar rencana pembelajaran yang di susun berdasarkan Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran, Sedangkan Modul Ajar adalah pengembangan dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul Ajar sering di sebut juga dengan RPP Plus, karena komponennya lebih lengkap dari pada RRP sebelumnya.

Untuk itu silahkan download Modul Ajar PAI & BP Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Tahun 2023/2024 yang gurubantu.com bagikan.

Modul Ajar PAI & BP Kelas 8 SMP Semester 1 Tapel 2023/2024 [Kurikulum Merdeka]

ATP PAI & BP (Ms Word) ATP PAI & BP Semester 1 Kelas 8 SMP-MTs | 2023/2024 | Kurikulum Merdeka