Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPA Kelas 7 (Fase D) Semester 2 Tahun 2023/2024

Unduh Modul Ajar IPA Kelas 7 (Fase D) Semester 2 Tahun 2023/2024 - Mengapa guru perlu mengembangkan modul ajar? Secara umum, modul ajar adalah penyajian alur pembelajaran yang disusun sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Dalam praktiknya, pendidik atau guru memiliki keahlian dalam memodifikasi dan mendefinisikan modul ajar yang disediakan pemerintah pusat  untuk disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik siswa yang dibinanya. 

Dalam pembuatan dan pengembangan bahan ajar, guru perlu memperhatikan banyak aspek, semisal persyaratan kurikulum, karakteristik siswa, pemecahan masalah dalam proses pembelajaran, dll. Meskipun guru memiliki kebebasan untuk menyesuaikan modul pembelajarannya, ada batasan yang perlu dipertimbangkan.

Mengutip Pedoman Desain Instruksional di Perguruan Tinggi oleh Farid Wajd (2021), seorang pendidik yang merancang bahan ajar harus menyiapkan berbagai sumber daya instruksional agar  efektif.

RekomendasiPerangkat Ajar IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1/2 Kurikulum Merdeka

Guru dapat mendapatkan referensi sumber belajar dari berbagai sumber untuk mengembangkan bahan ajar yang di buatnya. Misalnya dari pengalaman guru pribadi, hasil penelitian data, wawancara dengan ahli, serta masih banyak hal yang lainnya. Referensi satuan belajar juga dapat diperoleh dari media alternatif seperti koran, buku, majalah, dan internet blog gurubantu.com. 

Jika bapak/ibu guru membutuhkan referensi modul ajar, maka ada baiknya silahkan unduh Modul Ajar IPA Kelas 7 (Fase D) Semester 2 (Genap) Tahun Pelajaran 2023/2024 berikut ini.

Modul Ajar IPA Kelas VII SMP Semester II [Kurikulum Merdeka]

Download Modul Ajar [IPA] Kelas [7] Semester 2 Kurikulum Merdeka Th 2023/2024 :

  1. MA IPA Kls 7 Semester 2 [Bab 5] - Download
  2. MA IPA Kls 7 Semester 2 [Bab 6] - Download
  3. MA IPA Kls 7 Semester 2 [Bab 7] - Download

RekomendasiModul Ajar Kelas 7 SMP/MTs [IPA Semester 1] Kurikulum Merdeka

Ini adalah modul pelatihan yang dapat kami rekomendasikan untuk diunduh. Semoga Modul Pengajaran IPA Kelas 7 SMP-MTs (Fase D) Periode tahun Pelajaran 2023/2024 Semester 2 (Genap) ini bermanfaat bagi Anda.