Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP IPA Kelas 7 SMP Semester 1 Tapel 2023/2024 [Kurikulum Merdeka]

Unduh ATP IPA Kelas 7 SMP Semester 1 Tahun 2023/2024 - Kurikulum merdeka belajar merupakan sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai upaya mengembangkan kurikulum dari yang sudah ada sebelumnya. Lahirnya kurikulum ini adalah hasil dari fenomena pandemi COVID-19 yang menyebabkan proses pembelajaran mengalami banyak kendala sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan bagi satuan pendidikan.

Menurut buku saku kurikulum Merdeka, kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum yang memiliki muatan pembelajaran  yang beragam di dalam kurikulum, dimana muatan pembelajaran lebih optimal sehingga siswa memiliki waktu yang cukup  untuk memperkuat keterampilannya.

Selain itu, pendapat lain menurut Badan Standar Nasional Pendidikan, pengertian Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum yang dalam proses pembelajarannya mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Dalam praktiknya, guru lebih leluasa dalam memilih alat peraga, sehingga proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa.

Secara umum, alur tujuan pembelajaran merupakan urutan tujuan pembelajaran yang  disusun secara sistematis dan logis dari awal hingga akhir dalam fase pencapaian pembelajaran secara keseluruhan.

RekomendasiPerangkat Ajar Kelas 7 SMP/MTs [IPA Semester 1/2] Kurikulum Merdeka

Point penting dalam penyusunan ATP adalah sebagai berikut:

  1. Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, guru harus mampu menelaah elemen-elemen capaian pembelajaran yang sudah dirumuskan sebelumnya, agar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
  2. Mengidentifikasi keterampilan atau  kompetensi yang perlu dikuasai oleh siswa pada setiap fase.
  3. Merumuskan tujuan pembelajaran, dengan memperhatikan kompetensi yang akan dicapai, isi yang akan dipelajari dan  keterampilan berpikir  yang harus dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  4. Mengidentifikasi unsur dan/atau tambahan pada profil pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

ATP IPA Kelas 7 SMP Semester 1 Tapel 2023/2024 [Kurikulum Merdeka]


Silahkan gunakan ATP IPA yang kami bagi ini untuk keperluan anda dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Kami berharap ATP IPA Kelas 7 SMP Semester 1 Tapel 2023/2024 [Kurikulum Merdeka] bermanfaat untuk semua yang terkait.