Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Prakarya Kelas 7 SMP Semester 1/2 Tahun 2023/2024

Download ATP (Silabus) Prakarya Kelas 7 SMP/MTs (Fase D) Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Prakarya atau Kerajinan sering digunakan sebagai subjek dalam seni rupa. Saat ini prakarya telah berdiri sendiri sebagai suatu mata yaitu mata pelajaran prakarya. Hal ini karena prakarya memegang peranan penting di sekolah dalam mendorong kreativitas dan inovasi baru di kalangan siswa. Bidang study prakarya merupakan ilmu terapan yang menerapkan berbagai  ilmu  untuk memecahkan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Prakarya terdiri dari 2 suku kata, yaitu. pra dan karya, pra artinya belum, sedangkan karya artinya kerja. Secara singkat prakarya dapat di definisikan sebagai karya yang belum jadi, karena bentuk kerajinan masih berupa prototipe (proff of concept). Dengan kata lain,prakarya adalah kerangka kerja dari sebuah kerajinan yang belum memiliki hasil akhir. 

Prakarya merupakan kerajinan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak sekolah. Keunggulan prakarya adalah dapat mengajarkan siswa untuk kreatif dalam mengelola barang bekas yang tidak terpakai atau  tidak memiliki nilai terlebih dahulu untuk mengubahnya menjadi barang yang bernilai seni.

Sekilas dari pengenalan mata pelajaran prakarya di atas, mata pelajaran prakarya ini sangat baik untuk meningkatkan skill dan kreatifitas siswa, tetapi sebagus apapun pelajaran tersebut tentu tidak berguna jika tidak di barengi dengan kompetensi guru yang tinggi.

RekomendasiPerangkat Ajar Prakarya Kelas 7 SMP/MTs Semester 1/2 Tapel 2023/2024

Oleh karenanya, ntuk menunjang kreatifitas siswa guna mencapai tujuan pembelajaran prakarya, di perlukan konsep atau alur Tujuan pembelajaran yang jelas agar siswa mencapai capain pembelajaran. Hal ini tentunya senada dengan tujuan kurikulum merdeka, yaitu mencapai tujuan profil pelajar pancasila.

Untuk itu, guna membantu bapak/ibu dalam mengembangkan pembelajaran Prakarya di sekolah, gurumapel.com bagikan untuk anda ATP (Silabus) Prakarya Kelas 7 SMP/MTs (Fase D) Semester 1 dan 2 Tahun 2023/2024 untuk Kurikulum Merdeka. Silahkan download di link berikut.

ATP (Silabus) Prakarya Kelas 7 SMP Semester 1/2 Tapel 2023/2024 [Kurikulum Merdeka]

ATP Prakarya Kls 7 SMP Semester 1 (Ganjil)
ATP Prakarya Kls 7 SMP Semester 2 (Genap)