Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP PPKn Kelas 9 SMP Semester 1/2 Kurikulum merdeka - 2023/2024

Download ATP PPKn Kelas 9 SMP-MTs (Fase D) Tahun 2023/2024 Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka. Tujuan mata pelajaran PPKn adalah membentuk peserta didik menjadi manusia yang cinta tanah air dan bangga terhadap tanah airnya dalam kerangka nilai dan moral pancasila, kesadaran berkonstitusi, nilai-nilai dan persatuan berdasar Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan komitmen negara terhadap negara kesatuan Republik Indonesia. 

Pembelajaran langsung menitik beratkan pada pencapaian tiga kompetensi yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diajarkan secara langsung. Pembahasan berlangsung secara keseluruhan, meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

PPKn  berbasis aksi dan memuat berbagai topik kewarganegaraan yang dapat memotivasi siswa/peserta didik untuk menjadi masyarakat / warga negara yang baik dengan mengungkapkan kepedulian terhadap permasalahan / tantangan masyarakat sekitar. 

Pengembangan kompetensi PPKn mencakup seluruh dimensi kewarganegaraan, yaitu: (1) Mengembangkan sikap kewargaan. kerja keras, dedikasi dan tanggung jawab sipil; (2) pengetahuan kewarganegaraan; (3) Keterampilan kewarganegaraan, termasuk keterampilan kewarganegaraan dan partisipatif.

Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi sebatas mengecek pengetahuan dan keterampilan sambil mempresentasikan hasil belajar secara tertulis, melainkan bertujuan untuk membentuk sikap dan kegiatan tertentu yang harus mampu dilakukan oleh setiap siswa. Dari sinilah  sikap cinta dan bangga  bangsa Indonesia terbentuk. 

ATP PPKn dalam kurikulum merdeka berperan sebagai jembatan bagi guru agar siswa/peserta didik dapat mencapai Capaian Pembelajaran PPKn sesuai dengan Tujuan Pembelajaran (TP) yang telah ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, guru PPKn harus memiliki ATP PPKn sebelum  terjun langsung dalam proses belajar mengajar, agar pembelajaran terkonsep dan terencana sehingga pembelajaran berlangsung secara optimal. 

Berikut ini adalah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PPKn dari kami untuk bapak ibu. Silahkan Download ATP PPKn Kelas 9 SMP Semester 1/2 Kurikulum merdeka - 2023/2024 di link berikut.

ATP PPKn 
Kelas IX SMP-MTs Semester 1/2 Tahun 2023/2024