Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ATP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 Tapel 2023/2024

Download ATP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester Genap Tapel 2023/2024 # ﷽ # Halo, para guru terkasih. ATP dalam kurikulum merdeka bisa di samakan dengan silabus pembelajaran. Yang mana di dalam ATP memuat unsur - unsur yang sama seperti silabus semisal tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pembelajaran, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar, maupun juga penilaian.

Oleh karenannya ATP / Alur Tujuan Pembelajaran di gunakan untuk mempercepat, memfasilitasi dan meningkatkan hasil kegiatan proses belajar mengajar, serta menyiapkan berbagai rencana tindakan pembelajaran secara profesional, sistematis dan efektif.

Berikut adalah beberapa prinsip penyusunan ATP Kurikulum Merdeka:

  1. sederhana dan informatif;
  2. relevan dan kontekstual;
  3. terus menerus;
  4. Optimalisasi tiga aspek kompetensi;
  5. belajar mandiri;
  6. fungsional dan dapat diterapkan; Dan
  7. adaptif dan fleksibel.

Berikut langkah-langkah penyusunan ATP:

  • Melakukan analisis hasil belajar (CP) yang meliputi materi, pengetahuan, keterampilan dan sikap.
  • Mengidentifikasi kompetensi yang harus dikuasai siswa sebelum memperoleh kualifikasi pada akhir jenjang.
  • Menganalisis setiap butir atau sub butir profil pelajar Pancasila menurut mata pelajaran dan SKS pada jenjang tersebut. 
  • Merumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan keterampilan apa yang perlu dicapai siswa, pemahaman bermakna yang ingin dipahami, dan keterampilan berpikir yang harus dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, langkah selanjutnya adalah menyusun tujuan pembelajaran secara linier sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
  • Tunjukkan ruang lingkup materi dan materi pokok, yang boleh lebih dari satu untuk setiap tujuan pembelajaran.

RekomendasiPerangkat Ajar B. Indonesia Kelas 7 SMP Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka
Berikut adalah contoh ATP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Semester genap tahun pelajaran 2023/2024 yang telah admin buat, untuk memilikinya silahkan download di link unduhan berikut ya bapak/ibu:

ATP B. Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 Tapel 2023/2024 [Kurikulum Merdeka]

 ATP B. Indonesia ⇣ Download

RekomendasiATP B. Indonesia Kelas 7 Semester 1 Tapel 2023/2024
Cara downloadnya mudah sekali bukan, jika ada kendala silahkan hubungi admin dan tulis di kolom komentar.

Terima kasih telah mengunjungi link download kami ATP Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Semester 2 Tapel 2023/2024. Semoga kunjungan Anda akan mendorong pengelola untuk terus bekerja dan berbagi tutorial dengan Anda.

Sebelum Anda meninggalkan tautan ini, kami harap Anda siap mengunjungi tautan kami yang lain, mungkin ada yang menarik bagi Anda. Bagikan tautan unduhan ini di media sosial. Terima kasih dan semoga bermanfaat.