Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh Powerpoint B. Indonesia "Teks Drama"

Unduh Powerpoint B. Indonesia "Teks Ulasan" -  Alhamdulillah untuk kesekian kalinya kami admin gurubantu masih membagikan untuk anda media pembelajaran powerpoint bahasa indonesia.

Kali ini powerpoint yang admin bagikan masih untuk kurikulum 2013. Adapun powerpoint yang kami bagi di postingan sore hari ini yaitu powerpoint bahasa indonesia dengan sub pokok tema bahasan teks drama. Jadi untuk teman - teman yang ingin mengunduh powerpoint teks drama dapat mengunduhnya di bagian paling bawah di postingan ini.

Sebagai gambaran tentang media pembelajaran powerpoint ini, ada baiknya menyimak penjelasan singkat tentang media pembelajaran berikut ini.

Pembelajaran adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang didalamnya terdapat interaksi positif antara guru dengan siswa dengan menggunakan segala potensi dan sumber yang ada untuk menciptakan kondisi belajar yang aktif dan menyenangkan. 

Menurut Oemar Hamalik (Sanjaya, 2008:6) pembelajaran adalah suatu kombinasi yang terorganisir yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedural yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreativitas pengajar.


Pembelajaran yang memiliki motivasi yang tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Targer belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar.

Dengan demikian dapat diketahui bahwa kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan beberapa komponen yaitu :
  1. Siswa : Seorang yang bertindak sebagai pencari, penerima, dan penyimpan isi pelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai Tujuan.
  2. Guru : Seseorang yang bertindak sebagai pengelola, katalisator, dan peran lainnya yang memungkinkan berkelangsungannya kegiatan belajar mengajar yang efektif.
  3. Tujuan : Pernyataan tentang perubahan prilaku (kognitif, afektif, psikomotor) yang diingikan terjadi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
  4. Isi pelajaran : Segala Informasi berupa fakta, prinsip, dan konsep yang diperlukan untuk mencapai Tujuan.
  5. Metode dan model : Cara yang teratur untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapat Informasi yang dibutuhkan mereka untuk mencapai tujuan.
  6. Media : Bahan Pengajaran dengan fakta atau tanpa peralatan yang digunakan untuk menyajikan Informasi kepada siswa.
  7. Evaluasi : Cara tertentu yang digunakan untuk menilai suatu proses dan hasilnya.

Pada zaman ini perkembangan teknologi sangatlah baik untuk dunia pendidikan, karena memudahkan guru dalam menyampaikan suatu manteri pembelajaran.

Adapun menurut (Setyowati,dkk 2018, hlm. 82), salah satu perkembangan dalam dunia pendidikan adalah terciptanya media pembelajaran yang lebih variatif dan menarik, sehingga membuat suasana pembelajaran menjadi lebih kondusif dan fokus.

Menurut Fujiyanto (2016 Hal 842) "Media merupakan alat bantu untuk dapat menyampaikan suatu pesan kepada seseorang, media pembelajaran yang menarik bisa menciptakan suasana belajar peserta didik yang menyenangkan". 

Menurut Khalistiana (2015, hlm. 130) menjelaskan bahwa media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi. 

Fungsi utama dari media pembelajaran itu sendiri adalah sebagai sarana untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif. Hal tersebut akan mempengaruhi kualitas hasil belajar yang lebih baik jika penggunaan medianya tepat. Karena melalui media pembelajaran, konsep-konsep yang bersifat absrak bagi peserta didik akan tergambarkan secara wujud aslinya sehingga membangkitkan minat dan rasa penasaran peserta didik.

Menurut Sudjana dan Rivai dalam (Triswadani, 2018, hlm. 24) bahwa ada beberapa fungsi dalam penggunaan media pembelajaran di kelas, diantaranya yaitu:
  1. Dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik karena pengajaran akan lebih menarik. Dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dapat menumbuhkan semangat dan dorongan peserta didik untuk belajar karena pembelajaran tidak membuat jenuh dan membosankan.
  2. Makna bahan pengajaran akan lebih jelas sehingga dapat dipahami peserta didik dan memungkinkan terjadinya penguasaan serta pencapaian tujuan pengajaran.
  3. Metode pembelajaran akan lebih bervariasi, tidak semata- mata didasarkan atas komunikasi verbal melalui kata-kata.
  4. Peserta didik dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemosntrasikan, memerankan, dan lain-lain.
Contoh media pembelajaran meliputi:
  1. Media visual : yaitu media yang hanya dapat dilihat, seperti foto, gambar, poster, grafik, kartun.
  2. Media Audio : adalah media yang hanya dapat didengar saja, seperti kase udio, radio, MP3 Player, iPod.
  3. Media Audio Visual : yaitu media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar, seperti film bersuara, video, televisi, sound slide.
  4. Multimedia : adalah media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap seperti suara, animasi, video, grafis dan film. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer (CBI).
  5. Media Realita : yaitu semua media nyata yang ada dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti tumbuhan, batuan, binatang, insektarium, herbarium, air, sawah dan sebagainya

Media Pembelajaran Powerpoint Bahasa Indonesia "Teks Persuasi"

Media pembelajaran power point saat ini sudah sangat populer dan bukan hanya dipakai dalam bidang pendidikan tetapi juga dalam bidang bisnis atau perusahaan. 

Wati (2016: 90), menyebutkan bahwa : persentasi dengan microsoft power point merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memperkenalkan atau menjelaskan sesuatu yang dirangkum dan dikemas kedalam beberapa slide yang menarik. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah memahami penjelasan melalui visualisasi yang terangkum dalam slide teks, gambar atau grafik, suara, video, dan lain sebagainya.

Dalam pembelajaran media powerpoint di gunakan untuk menarik minat siswa terhadap materi yang di sampaikan, dengan begitu di harapkan siswa jadi lebih memahami materi yang di ajarkan.

Seperti yang kami gambarkan di awal, di edisi sore hari ini, admin akan membagikan powerpoint pembelajaran teks drama. Walau lelah tapi admin tetap semangat untuk memberikan yang terbaik untuk bapak/ibu guru semua.

Jadi untuk bapak/ibu guru bahasa indonesia, atau siapa saja yang membutuhkan powerpoint pembelajaran teks drama ini, silahkan langsung saja download filenya secara gratis di sini. Adapun untuk link download dari powerpoint bahasa indonesia teks persuasi ada di bawah ini.

Link Download PPT B. Indonesia "Teks Persuasi"



Demikian saja yang dapat kami berikan di edisi sore ini, karena waktu sudah mendekati waktu maghrib jadi kami akhiri saja powerpoint bahasa indonesia teks drama ini.

Semoga apa yang kami bagi di sore ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Terima kasih atas kedatangan anda di link Teks Drma ini, semoga ini mejadi langkah awal bagi anda untuk sering berkunjung di situs kami yang sederhana.