Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Penulisan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka

Prinsip Penulisan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka - Pada pembahasan sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwasanya Perangkat Ajar terbagi atas beberapa jenis yaitu Modul Ajar, Modul Projek Bahan Ajar, Buku Teks dll.. Ke tiga jenis perangkat ajar ini memiliki karakteristiknya masing - masing.

Pada pembahasan kali ini, gurubantu akan menjelaskan kepada anda semua prinsip penulisan perangkat ajar. Tapi admin jelaskan kembali yang di maksud Perangkat ajar merupakan berbagai materi pengajaran yang dapat digunakan guru untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya. Perangkat ajar dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran, yang disusun sesuai domain dan fase tertentu. Perangkat ajar bisa berupa bahan ajar, modul ajar, modul projek, atau buku teks.

Prinsip Penulisan Perangkat Ajar

Berikut ini adalah beberapa prinsip dalam penulisan perangkat ajar, seperti yang kami kutif dari "buku saku penyusunan perangkat ajar dan modul ajar". Urainnya sebagai berikut:

1. Perangkat ajar dirancang agar dapat langsung digunakan guru

  • Praktis, bukan teoritis - fokus pada “bagaimana caranya”, bukan “mengapa”.
  • Objektif Pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran yang konkret dan urutannya logis, mudah diikuti.
2. Lengkap dan tidak membutuhkan banyak interpretasi
  • Keseluruhan informasi dan langkah-langkah tersedia.
  • Langkah konkret. Sebaiknya hindari anggapan bahwa guru dapat memahami hal-hal yang abstrak.
  • Hindari jargon, dan untuk istilah-istilah penting, dibuat glosariumnya.
3. Jelas sasarannya (level guru, jenis sekolah, dsb.)
  • Tidak semua perangkat ajar cocok untuk seluruh guru. Maka nyatakan sarana-prasarana, kompetensi guru, biaya, serta informasi lainnya yang dibutuhkan sebagai pertimbangan guru untuk menggunakan perangkat ajar tersebut
4. Sesuai dengan kurikulum
  • Merujuk pada Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran dari kurikulum merdeka
  • Berorientasi pada penguatan kompetensi dan kemampuan berpikir tahap tinggi
  • Berpusat pada siswa dan sesuai dengan tahap kemampuan individu. Nyatakan bagaimana kegiatan belajar dan asesmen bisa dimodifikasi dan dibuat bervariasi sesuai kebutuhan individu siswa

Demikian penjelasan Prinsip Penulisan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka, semoga apa yang kami bahas bisa membantu anda dalam memahami Prinsip Penulisan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka.

Terima kasih atas kunjungan anda, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.