Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Perangkat Ajar : Modul Ajar, Modul Projek & Bahan Ajar

Perbedaan Perangkat Ajar : Modul Ajar,  Modul Projek & Bahan Ajar - Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum pembelajaran yang di gagas Mendikbud Nadiem Makarim. Kurikulum Merdeka muncul akibat krisis pembelajaran di era Covid-19, dan juga karena rendahnya peringkat PISA Indonesia. Hal ini terjadi akibat selama tiga tahun Indonesia melakukan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi, yang efeknya terjadinya penurun kualitas siswa.


Kurikulum Merdeka Belajar di luncurkan dalam upaya Restorasi Pembelajaran 2022-2024, dan telah di gunakan oleh 2.500 sekolah dengan Status Program Sekolah Penggerak (PSP). Kurikulu Merdeka sendiri nantinya akan di Evaluasi dan di Revisi kembali pada tahun 2024.

Dalam Kurikulum Merdeka ada yang namanya Perangkat Ajar, dimana jenisnya antara lain Modul Ajar, Modul Projek & Bahan Ajar. Lalu apa perbedaan dari Modul Ajar, Modul Projek & Bahan Ajar tersebut, simak penjelasannya berikut.

Perbedaan Jenis Perangkat Ajar

Berikut ini adalah tabel dari perbedaan jenis perangkat ajar : Modul Ajar, Bahan Ajar & Modul Projek. Silahkan simak perbedaannya berikut:
Modul Ajar Bahan Ajar Modul Projek
Definisi Berupa sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan menarik. Berupa materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun non cetak (audio dan video). Dirancang dengan konsep pembelajaran berbasis projek, yang mana murid bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya, sebagai proses penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran. Membantu pemahaman yang lebih komprehensif untuk suatu topik bahasan pada suatu mata pelajaran. Menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui tema-tema strategis bersifat lintas disiplin, yang ditentukan oleh Kemendikbud Ristek.
Acuan Capaian Pembelajaran pada fase yang sesuai, yang dijabarkan dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Tujuan Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila (dimensi, elemen, dan sub-elemen).
Pengampu Wali kelas dan pendidik mata pelajaran Wali kelas dan pendidik mata pelajaran Tim Fasilitaor Projek
Demikian pembahasan yang dapat admin uraikan tentang perbedan perangkat ajar Modul Ajar, Modul Projek dan Bahan Ajar. Semoga pembahasan ini barmanfaat untuk pembaca semua.

Bagaimana pendapat pembaca semua tentang Kurikulum Merdeka yang di gagas Oleh Nadiem Makarim, apakah lebih baik dari sebelumnya?. Silahkan tuliskan pendapat anda di kolom komentar.

Bagikan link ini di media sosial anda, jika sekiranya link ini bermanfaat untuk anda dan juga rekan - rekan anda. Terimakasih
Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Perbedaan Perangkat Ajar : Modul Ajar, Modul Projek & Bahan Ajar"

Contact Us

Nama Email * Pesan *