Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Kurikulum Merdeka, Beserta Konsep dan Keunggulannya

Pada tanggal 11 Februari Tahun 2022, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kurikulum Merdeka Belajar dalam rangka Restorasi Pembelajaran 2022-2024. Kurikulum merdeka sendiri nantinya akan dievaluasi dan direvisi pada tahun 2024. Kurikulum Merdeka telah diadopsi oleh 2.500 sekolah dengan status Program sekolah Penggerak (PSP) sebagai ujung tombak paradigma baru.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memadukan pembelajaran internal dengan mengoptimalkan kemampuan siswa dalam memahami konsep dan memperkuat keterampilan.

Kurikulum merdeka muncul akibat krisis pembelajaran di era Covid-19. Hal ini juga diperparah dengan peringkat PISA Indonesia yang relatif rendah. Selama tiga tahun pembelajaran jarak jauh di masa pandemi, kualitas pembelajaran tidak maksimal sehingga berdampak pada penurunan kualitas siswa.

Pengertian Kurikulu Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan berbagai muatan internal pembelajaran yang muatannya lebih optimal agar peserta didik memiliki waktu yang cukup untuk mengenal konsep dan memperkuat kompetensi. Tujuan dari kurikulum Merdeka adalah untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi siswa dan guru.

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai sumber pengajaran untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan minat belajar siswa. Proyek-proyek dikembangkan berdasarkan tema-tema tertentu yang ditentukan oleh pemerintah, guna memperkuat pencapaian profil pelajar Pancasila. Proyek tidak bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, sehingga tidak terkait dengan konten teknis dari mata pelajaran.

Konsep Kurikulum Merdeka Belajar

Berikut ini adalah konsep dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka:
  1. Pembelajaran berbasis proyek bertujuan untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil Pelajar pancasila.
  2. Fokus pada hal-hal penting sehingga Anda memiliki waktu untuk keterampilan dasar seperti membaca dan berhitung.
  3. Keleluasaan guru untuk melaksanakan pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai dengan kemampuan siswa.

Keunggulan Kurikulum Merdeka

Dikutip dari ditsmp.kemdikbud.go.id, kurikulum Merdeka Belajar memiliki beberapa keunggulan, yaitu:
  1. Lebih sederhana dan lebih dalam.
    Kurikulum merdeka menitik beratkan pada materi esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada fasenya. Sehingga kegiatan pembelajaran jadi lebih dalam, lebih bermakna, tidak terlalu mendesak dan lebih menyenangkan.
  2. Lebih merdeka
    Keunggulan lain dari kurikulum Merdeka Belajar adalah tidak adanya perminatan (dihilangkan perminatan) untuk siswa SMA. Peserta didik dapat memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Guru juga diharapkan mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik. 
  3. Lebih relevan dan interaktif
    Proses pembelajaran menurut kurikulum merdeka dilakukan melalui kegiatan proyek yang menawarkan kepada siswa kesempatan yang lebih luas untuk melakukan penelitian aktif tentang topik terkini.
Demikian gambaran singkat tentang kurikulum merdeka beserta konsep dan keunggulannya. Semoga dapat membuka wawasan anda.
Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Penjelasan Kurikulum Merdeka, Beserta Konsep dan Keunggulannya"

Contact Us

Nama Email * Pesan *