Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimensi Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka

Profil Pelajar Pancasila Beserta Dimensi & Elemennya Pada Kurikulum Merdeka - Dalam Kurikulum Merdeka yang di gagas Nadiem Makarim dan di luncurkan pada 11 Februari 2022, ada Istilah yang namanya Profil Pelajar Pancasila. Lalu apa itu Profil Pelajar Pancasila?.

Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.


Kegunaan Profil Pelajar Pancasila

  • Menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan kedalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan.
  • Menjadi kompas bagi pendidik dan Pelajar Indonesia.
  • Tujuan akhir segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME diwujudkan dengan akhlak yang baik pada diri sendiri, sesama manusia, alam, dan negara Indonesia.
2. Berkebinekaan global 
Mengenal dan menghargai budaya, serta mampu berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya. Mampu berefleksi dan bertanggung jawab pada pengalaman kebinekaan dan berkeadilan sosial.
3. Bergotong royong
Melakukan gotong royong dengan melakukan kolaborasi, memiliki kepedulian tinggi, dan berbagi dengan sesama.
4. Kreatif
Bisa menghasilkan gagasan,karya, dan tindakan yang orisinal. Mereka juga memiliki keluwesan dalam berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.

5. Bernalar kritis

Menganalisa dan mengevaluasi semua informasi maupun gagasan yang diperoleh dengan baik. Mereka juga mampu mengevaluasi dan merefleksi penalaran dan pemikirannya sendiri.

6. Mandiri

Memiliki kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, serta memiliki regulasi diri.

Demikian Pembahasan singkat tentang di mensi Profil Pelajar Pancasila yang dapat admin gambarkan. Semoga pembahasan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka ini dapat menambah pengetahuan anda. Silahkan kunjungi link kami yang lainnya. Terima kasih.

Tulisan ini kami kutif dari buku Sumber : Buku Saku Penyusunan Perangkat Ajar

Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Dimensi Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka"

Contact Us

Nama Email * Pesan *