Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyusui Bagi Ibu - Ibu Yang Sedang Berpuasa

Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib ditunaikan oleh semua umat muslim, yang sudah akil baligh, Tak terkecuali untuk ibu - ibu yang lagi menyusui. Namun Islam sedikit memberi kelonggaran untuk ibu yang sedang menyusui untuk tidak berpuasa namun ia wajib menggantinya dilain hari atau bisa juga dengan membayar fidyah.

Bagi ibu hamil dan menyusui jika tidak berpuasa karena khawatir karena kesehatannya sendiri, maka dia menganggap seperti orang yang lagi sakit. Jadi untuk mengganti puasa seperti halnya orang sakit, yaitu dengan menggantinya di hari lain.



Namun jika ibu hamil dan menyusui tidak berpuasa karena khawatir akan bayinya, maka akan dianggap seperti orang tua yang tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan puasa jadi cara menggantinya pun seperti cara orang tua yakni dengan membayar fidyah.

Lalu bagaimana jika ibu menyusui ingin melaksanakan ibadah puasa? 

Pada dasarnya selama keadaan ibu serta bayinya yang sehat, maka boleh untuk berpuasa. Tapi jika si ibu merasa khawatir akan kesehatan bayinya seperti produksi ASI berkurang, kekurangan gizi, dan sakit, maka Islam memberi kelonggaran dan menyarankan untuk tidak berpuasa.

Berikut ini adalah beberapa Tips Aman untuk Ibu menyusui yang ingin berpuasa

Pada saat berpuasa, jadwal dan pola makan berubah drastis, namun hal tersebut bukan berarti nutrisi serta asupan makanan yang dimakan juga ikut berubah secara drastis.

Paling terpenting bagi ibu menyusui yakni sangat dianjurkan untuk makan 3X sehari dan jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang memiliki gizi yang seimbang serta semua nutrisi akan tercukupi untuk sang ibu dan bayinya.

Asupan makanan yang mengandung gizi seimbang yang memiliki komposisi karbohidrat sebanyak 50%, protein sebanyak 30 % dan juga lemak sebanyak  20%.

Agar produksi ASI selama sang ibu berpuasa masih tetap lancar dan tentunya berkualitas berikut ini adalah tipsnya:

1. Konsumsi makanan yang bisa mempelancar ASI

Beberapa makanan ternyata sangat dipercaya bisa memperlancar ASI seperti sayuran dan buah-buahan seperti buah pepaya, jambu air, semangka, daun katuk, kecambah, dan juga daun pepaya.

Bagi ibu hamil bisa mengonsumsi salah satu makanan tersebut agar produksi ASI pada saat berpuasa tetap lancar.

2. Penuhi asupan makan dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui tentunya membutuhkan banyak kalori yakni sekitar 700 kalori perharinya.

Oleh sebab itu sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu memperhatikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang agar kebutuhan gizi sang ibu dan buah hati masih tetap terpenuhi.

3. Konsumsilah banyak cairan ketika berpuasa dan sahur

Pada saat berpuasa tentunya selama sehaian penuh tidak makan dan minum, oleh sebab itu sebaiknya konsumsilah air putih kurang lebih 2 liter dengan ditambahi beberapa jenis cairan lainya.

Adapun jenis cairan lainya seperti jus buah, susu dan juga teh hangat. Dengan mengonsumsi segelas susu saat sahur mampu mengurangi beberapa ancaman anemia bagi ibu yang sedang menyusui.

Selain itu ketika berbuka, hindari untuk minum air es, sebaiknya minumlah air hangat agar bisa merangsang kelancaran ASI.

4. Istirahat yang cukup

Ketika berpuasa merasa lemas mungkin hal tersebut lumrah terjadi terlebih lagi jika yang berpuasa adalah ibu menyusui.

Jika terasa lemas, cobalah untuk beristirahat sejenak dengan cara tidur santai dan relax agar pikiranpun akan tenang.

Seperti yang kita ketahui bahwa jika payudara sang ibu sering dihisap oleh sang bayi, akan semakin besar pula produksi ASI yang dihasilkan.

Oleh karena itu sebaiknya selama menjalankan ibadah puasa sang ibu tetaplah rajin untuk menyusui agar ASI yang dikeluarkan tetap lancar.

Demikian beberapa tips untuk ibu menyusui yang ingin tetap berpuasa, ikuti tips di atas agar produksi ASI tetap lancar untuk buah hati anda. Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi:
http://www.arwini.com/tips-puasa-ramadhan-bagi-ibu-menyusui