Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam - Macam Sikap Kuda - Kuda Pencak Silat

Didalam pencak silat posisi kuda-kuda di artikan sebagai suatu posisi yang menjadi tumpuan untuk melakukan sikap pasang, teknik serangan, dan teknik belaan.

Sikap kuda-kuda adalah hal yang sangat penting dalam pencak silat. Sebaik apapun teknik serangan, tidak ada artinya jika tidak didukung dengan kuda-kuda yang baik. Istilah “kuda-kuda” berasal dari kata “kuda”, yang berarti posisi kaki seperti menunggang kuda.

Sikap kuda - kuda merupakan dasar dari semua jurus - jurus silat, oleh karenanya penting bagi pesilat untuk memiliki kuda - kuda yang baik, kuat dan kokoh.

Sikap Kuda - Kuda Pencak Silat

Berikut ini adalah macam - macam sikap kuda - kuda dalam pencak silat menurut Erwin Setyo Kriswanto. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta. :

1. Kuda-Kuda Depan

Sikap Pelaksanaan : Salah satu kaki di letakan di depan, kaki kanan di depan kaki kiri atau sebaliknya, kedua kaki terletak satu garis. Kaki yang berada di depan ditekuk dan kaki yang berada di belakang sedikit di tekuk. Berat badan 90 persen diletakan diatas kaki yang berada didepan. Posisi kedua kaki kurang lebih membentuk sudut 30 derajat.

2. Kuda-Kuda Tengah

Sikap Pelaksanaan : Posisi kedua kaki sejajar dan di buka kurang lebih 2 kali lebar bahu. Kedua kaki di tekuk, badan tegap, berat badan terbagi rata diantara dua kaki

3. Kuda-Kuda Samping

Sikap Pelaksanaan : Posisi kaki kanan sejajar dengan kaki kiri. Kaki kanan ditekuk dan kaki kiri lurus atau bisa sebaliknya. Berat badan 90 persen diletakan diatas kaki yang di tekuk. Posisi badan condong ke kaki yang di tekuk dan posisi kaki terbuka menyamping.

4. Kuda - Kuda Belakang

Sikap Pelaksanaan : Salah satu kaki di letakan dibelakang, kaki kanan di depan kaki kiri atau sebaliknya, kedua kaki terletak satu garis. Kaki yang berada di belakang ditekuk dan kaki yang berada di depan sedikit di luruskan. Berat badan 90 persen diletakan diatas kaki yang berada dibelakang. Posisi kedua kaki kurang lebih membentuk sudut 30 derajat.

5. Kuda-Kuda Khusus

Sikap Pelaksanaan : Posisi berdiri dengan satu kaki. Sikap ini biasanya digunakan pada saat salah satu kaki digunkan untuk menangkis, menghindar atau menyerang. Agar kuda-kuda ini lebih kuat, harus dilakukan latihan kekuatan otot kaki dan latihan keseimbangan.

Demikian macam - macam sikap kuda - kuda pencak silat yang dapat kami sampaikan, semoga artikel singkat soal kuda - kuda pencak silat ini bermanfaat untuk anda.

Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk "Macam - Macam Sikap Kuda - Kuda Pencak Silat"

Contact Us

Nama Email * Pesan *