Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Hal Yang Bisa Menyebabkan Anda Keguguran

Sebagai seorang wanita, khususnya ibu - ibu yang sedang hamil hal yang paling di takutkan adalah mengalami keguguran, apalagi jika ibu - ibu tersebut adalah pasangan pengantin baru yang sedang menantikan kehadiran datangnya buah hati yang pertama.

Keinginan untuk memiliki momongan yang di berengi dengan berbagai macam usaha, jika anda para bunda tidak berhati - hati bisa gagal hanya karena kurangnya pengetahuan  mengenai cara merawat kehamilan dengan baik sehingga menyebabkan anda keguguran.

Oleh sebab itu, untuk menambah wawasan para bunda semua dalam menjaga kehamilan, berikut beberapa poin yang bisa jadi penyebab terjadinya keguguran, di antaranya sebagai berikut:

1. Rahim yang terlalu lemah

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab ibu hamil dapat mengalami keguguran  adalah karena kondisi rahim yang terlalu lemah. Dinding rahim adalah tempat dimana menempelnya embrio, Jika dinding rahim lemah maka menjadi sangat rentan untuk bisa menopang berat dari embrio tersebut. 

Oleh sebab itu, bagi para bunda yang memang memiliki kondisi seperti ini sebaiknya para bunda semua memperbanyak waktu istirahat, hingga usia kehamilan para bunda berada di atas 22 minggu.


Ada beberapa hal yang sebaiknya jangan para bunda lakukan jika memang memiliki kandungan lemah, seperti :
  1. Gergerak terlalu berlebihan
  2. Berjalan terlalu lama atau jauh
  3. Perbanyak istirahat, bahkan Dokter kandungan menyarankan untuk istirahat full selama 22 minggu
  4. Stress yang berat

2. Kondisi badan kurang fit

Pengaruh kondisi badan yang kurang fit pada ibu hamil ini tentunya bisa karena berbagai macam faktor, seperti suhu dan cuaca. Perubahan-perubahan tersebut tentunya akan membuat ibu hamil mudah terserang penyakit, seperti batuk pilek, pusing, dan demam tinggi. Karena memang, saat hamil itu kondisi tubuh mengalami penurunan imun.

Kalau kondisi ibu hamil masih juga menurun dan semakin menurun, maka itu pun akan sangat rentan mengalami keguguran.

Tips pencegahan :
  • Ibu hamil diharapkan untuk rutin mengkonsultasikan kehamilannya ke Dokter setiap bulannya
  • Cobalah untuk mengikuti saran dari Dokter dengan mengkonsumsi vitamin dan juga obat penguat kandungan
  • Lakukan hidup sehat
  • Hindari stres

3. Mengidap kondisi atau penyakit tertentu

Adanya penyakit tertentu yang sedang dialami oleh ibu hamil juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan keguguran. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini terjadi pada keluarga Anda, lakukanlah pemeriksaan kesehatan sebelum Anda dan pasangan mulai melakukan program rencana kehamilan.

Jika, memang kondisi rahim bagus, sel telur pun bagus, maka kemungkinan untuk hamil yang sehat bisa lebih besar.

Penyakit yang bisa menjadi penyebab keguguran pada ibu hamil, antara lain :
  • Tokso yang dibawa oleh virus toksoplasma
  • Campak yang dibawa oleh virus Rubella
4. Tidak tahu kalau sedang hamil

Biasanya para wanita yang baru pertama kali hamil tidak mengetahui kalau dirinya itu memang sedang hamil. Tapi, banyak juga ibu hamil akan sadar kalau ternyata usia kandungannya tersebut sudah menginjak 3 bulanan.

Karena ketidaktahuan tersebut, biasanya ibu hamil kurang merawat diri, mengkonsumsi segala makanan penyebab keguguran, dan melakukan aktivitas atau kegitan yang bisa menyebabkan keguguran. Ada juga beberapa ibu hamil, yang malah mengkonsumsi pil KB dan tidak tahu kalau dirinya sedang hamil, sehingga sampai mengalami keguguran.

Tips pencegahan:
  • Ketahuilah tanda-tanda kehamilan sejak dini dengan melakukan test kehamilan

5. Usia di bawah 20 tahun

Tidak hanya wanita yang berusia di atas 30 tahun saja yang memiliki resiko besar mengalami keguguran. Wanita dengan usia muda atau di bawah dari 20 tahun pun rentan mengalami keguguran saat hamil.

Karena, wanita dengan usia yang lebih muda seperti ini biasanya memiliki kondisi rahim yang masih belum terlalu matang. Sehingga belum siap untuk menopang embrio yang sudah dibuahi tersebut.

Tips pencegahan :
  • Lakukan pemeriksaan rutin ke Dokter kandungan
  • Konsumsi vitamin atau obat penguat kandungan berdasarkan resep dari Dokter Kandungan

6. Usia di atas 30 tahun

Usia pada ibu hamil sangatlah berpengaruh terhadap kehamilannya. Usia wanita yang rentan mengalami keguguran itu adalah yang berusia di atas 30 tahun.

Maka dari itu, pada wanita yang usianya sudah menginjak angka tersebut, sebaiknya lakukan konsultasi kehamilan dengan Dokter kandungan kalau memang ingin hamil lagi.

Kondisi ini pun tidak akan terjadi pada kehamilan pertam, tapi bisa juga pada kehamilan yang berikutnya loh Bun! Jadi, Bunda harus tetap waspada.

Tips pencegahan:
  • Sangat penting untuk melakukan konsultasi dengan Dokter kandungan terlebih dulu, jika Anda ingin hamil di usia di atas 30 tahun. Kalau pun Anda sudah hamil, maka Anda harus rutin melakukan pemeriksaan ke Dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan janin dan tubuh Anda.

7. Adanya Infeksi

Kondisi berikutnya yang bisa menjadi penyebab keguguran pada ibu hamil itu adalah infeksi. Infeksi ini sendiri ada berbagai macam penyebabnya, misalnya infeksi HPV atau jamur.

Ibu hamil yang positif mengalami infeksi HPV maka ini bisa menyerangan kandungan, sehingga resiko keguguran pun lebih tinggi.

Dan, untuk infeksi jamur bisa menempel pada lapisan rahim, sehingga bisa menyerang rahim dan mengalami keguguran.

Tips pencegahan :
  • Hindari mengkonsumsi makanan mentah, seperti daging mentah atau pun setengah matang
  • Hindari pula telur setengah matang
  • Pastikan semua makanan dicuci bersih dan steril sebelum diolah dan dikonsumsi
  • Jangan lakukan kontak langsung secara fisik dengan hewan peliharaan

8. Gaya hidup

Yang terakhir adalah gaya hidup, di mana hal ini memang cukup banyak yang tidak memperhatikannya. Banyak wanita sulit untuk menerapkan pola hidup sehat sehari-hari, bahkan saat hamil. Padahal, gaya hidup ini sangatlah berpengaruh terhadap kondisi kehamilan.

Gaya hidup yang bisa menjadi penyebab keguguran pada ibu hamil itu antara lain adalah sebagai berikut :
  • Merokok
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Mengkonsumi obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh Dokter
  • Tidak menjaga pola tidur atau istirahat setiap harinya

Demikianlah hal - hal yang dapat menyebabkan anda keguguran, oleh sebab itu untuk para bunda harap waspadalah dalam menjaga anugrah titipin tuhan yang di berikan kepada anda. Semoga sedikit artikel dalam postingan ini bermanfaat untuk anda semua!