Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Nomer Lompat Pada Cabang Atletik Yang di Lombakan

Dilansir dari World Athletics, dalam cabang olahraga atletik ada 4 (empat) nomor lompat yang biasa dipertandingkan, yaitu nomor lompat tinggi, lompat galah, lompat jangkit, dan lompat jauh. Keempat nomor lompat ini adalah cabang olahraga atletik yang dipertandingkan pada ajang internasional seperti SEA Games, Asian Games, maupun Olimpiade.

Secara umum Atletik dapat di katakan sebagai cabang olahraga yang mendasari dari semua cabang olahraga yang lain, Atletik mempunyai karakteristik gerakan yang paling dasar yang menjadi kebiasaan manusia sehari-hari seperti berjalan, berlari, melempar dan melompat. Gerakan-gerakan tersebut merupakan gerakan alami dari manusia.

Melihat dari kacamata diatas maka sudah sewajarnya apabila Atletik dikatakan sebagai Induk dari semua cabang olahraga, karena dicabang cabang olahraga lain sudah mengandung unsur-unsur gerakan pada Atletik.

Nomer - Nomer Lompat Pada Cabang Atletik

Berikut ini adalah nomer - nomer lompat yang di lombakan pada cabang atletik

1. Lompat jauh (long jump) 

Lompat jauh atau long jump adalah aktivitas melompat ke arah depan dan jauh dengan salah satu kaki melakukan tolakan pada tempat yang telah ditentukan. Pada lompat jauh dihitung berdasarkan jarak terjauh pendaratan di bak pasir. Pelompat dengan jarak terjauh akan menjadi pemenangnya.

2. Lompat Galah (pole vault) 

Cabang atletik nomor lompat yang memakai peralatan seperti tongkat disebut lompat galah. Lompat galah adalah salah satu jenis lompatan yang mencapai atau melewati ketinggian tertentu dengan menggunakan galah sebagai alat bantu untuk mengangkat tubuh pelompat. Alat pengunkit (galah) terbuat dari bahan logam, fiber, bambu atau tongkat kayu.

3. Lompat Jangkit (triple jump) 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jangkit adalah olahraga melompat dengan rangkaian jalan jingkat, langkah, dan lompat. Gerakan lompat jangkit terdiri dari rangkaian awalan (approach), jingkat (hop), langkah (step), dan lompat (jump). 

4. Lompat Tinggi (high jump) 

Lompat tinggi adalah jenis lompatan yang dilakukan dengan memindahkan titik berat badan setinggi-tingginya dalam upaya melampaui suatu ketinggian tertentu (mistar lompatan).

Demikian 4 Nomer Lompat pada cabang olahraga Atletik yang di lombakan. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Ata Listanto, S.Pd
Ata Listanto, S.Pd Guru PJOK di SMPN Indramayu

Posting Komentar untuk " 4 Nomer Lompat Pada Cabang Atletik Yang di Lombakan"

Contact Us

Nama Email * Pesan *